Efisiensi Pengoperasian, KLM Siap Pensiunkan Airbus A330

Airbus A330 milik KLM. Sumber: Business Traveler

Maskapai penerbangan asal Belanda, KLM Royal Dutch Airlines dikabarkan telah membuat keputusan tentang masa depan dari armada Airbus A330 yang mereka miliki. Pihak maskapai mengatakan bahwa mereka akan mempensiunkan varian tersebut dalam beberapa tahun ke depan. Agaknya penghapusan nama Airbus A330 di tubuh KLM ini semakin memantapkan visi perusahan, dimana mereka hanya akan menggunakan dua varian saja – Boeing 777 dan Boeing 787 Dreamliners untuk mengoperasikan rute penerbangan jarak jauh.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-100, KLM Torehkan Penerbangan ‘Terlama’ Menuju Indonesia

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman simplyflying.com (6/11), keputusan KLM untuk menghapuskan model pesawat ini dikarenakan induk operator, Air France-KLM ingin meningkatkan efisiensi pengoperasian dalam grup mereka. CEO dari Air France-KLM Ben Smith berharap dapat menghemat uang untuk pelatihan pilot dan pemeliharaan pesawat dengan hanya menerbangkan pesawat jenis Boeing 777 dan Boeing 787 pada rute penerbangan jarak jauh.

Sebelum diputuskan akan dipensiunkan, Airbus A330 milik KLM ini mengoperasikan relasi Afrika, Timur Tengah, Amerika Utara, hingga Karibia.

Sementara untuk rute penerbangan jarak pendeknya, KLM berharap dapat mengoperasikan pesawat Boeing dan Embraer. Mengutip dari laman sumber lain, adapun jumlah pesawat Airbus A330 yang ada di tubuh KLM terbagi ke dalam dua subclass – A330-200 dengan jumlah delapan pesawat, dan A330-300 dengan jumlah lima unit.

Selain efisiensi, grup ini juga akan mengkonsolidasikan Joon dan HOP! Sebagai anak perusahaan. Diketahui, Joon bergabung dengan Air France pada Juni 2019, sementara HOP! saat ini sedang melalui tahap rebranding Air France.

Baca Juga: Ternyata, Jakarta Merupakan Destinasi Penerbangan Antar Benua Perdana KLM!

Salah satu eksekutif di KLM, Pieter Elbers tidak merinci tanggal presisi terkait penghentian tugas dari varian Airbus A330 ini, hanya saja ia menyiratkan bahwa masa pensiun dari A330 ini akan terjadi di tahun 2025 – atau empat tahun setelah pemberhentian pengoperasian dari Boeing 747-400 yang ada di tubuh maskapai.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, KLM Royal Dutch Airlines merupakan maskapai tertua yang ada di dunia, dimana maskapai ini pertama kali di dirikan pada 7 Oktober 1919.