Flight Number Paling Prestisius di Dunia, Salah Satunya Ada di Asia Tenggara!

0
Momen Air France Concorde di Bandara Kai Tak. Penerbangan supersonik Concorde British Airways dan Air France dengan flight number BA001 dan AF001 digadang menjadi flight number paling prestisius di dunia. Foto: CNN

Sebuah rute terkesan prestisius, mewah, dan elegan saat menggunakan flight number atau nomor penerbangan istimewa. Itu bisa dilatarbelakangi momentum, sejarah, perkembangan teknologi, penerbangan sangat spesial, dan sebagainya.

Baca juga: Misteri Teror Hantu Pesawat Eastern Airlines dengan Nomor Penerbangan 401

Gelar flight number paling terkenal bisa dibilang dipegang oleh British Airways dan Air France saat memulai layanan penerbangan supersonik Concorde dari London dan Paris ke JFK; BA001 dan AF001.

Di dunia, flight number spesial banyak sekali. Agustus mendatang saja, sudah ada belasan daftar rencana penerbangan yang menggunakan flight number spesial, mulai dari Emirates EK1 dari Dubai ke London Heathrow dengan A380, Turkish Airlines dari Bandara Istanbul ke New York JFK, Aeromexicodari Meksiko City ke Madrid, El Al dari Tel Aviv ke New York JFK, sampai Delta Airlines dari New York JFK ke London Heathrow.

Kemudian, ada lagi rute LOT Polish dari Warsawa ke Chicago O’Hare, Finnair dari Helsinki ke Los Angeles, Etihad dari Abu Dhabi ke Frankfurt, ANA dari Washington Dulles ke Tokyo Narita, Japan Airlines dari San Francisco ke Tokyo Haneda, WestJet dari Calgary ke London Gatwick, Biman Bangladesh dari Dhaka ke London Heathrow, serta ZIPAIR dari Honolulu ke Tokyo Narita. Rata-rata dari mereka menggunakan flight number prestisius 001 (flight one).

Selain itu, seperti dikutip dari Simple Flying, ada nyaris 30 rute lain yang seluruhnya juga menggunakan nomor penerbangan 001 non-stop, seperti Cape Air dari White Plains-Provincetown, Sky Express dari Athena ke Kozani, Safarilink dari Nairobi Wilson ke Massai Mara, Ravn dari Dutch Harbor ke Anchorage, Lufttransport dari Bodø ke Værøy (helikopter), Auric Air dari Danau Manyara ke Grumeti (Tanzania), dan Nauru Airlines dari Nauru ke Brisbane.

Kendati umumnya penerbangan yang menggunakan flight number spesial 001 terjadi pada rute-rute jauh, pada rute-rute dekat antar-kota di sebuah negara juga demikian. Tengok saja penerbangan HA1 Hawaiian dari Los Angeles ke Honolulu.

Penerbangan tersebut menggunakan pesawat A330-200 berkapasitas 278 kursi, berangkat dari California pada pukul 07.00 waktu setempat dan tiba di Hawaii pada pukul 09:45 waktu setempat.

Masih di Amerika Serikat, Alaska Airlines juga menggunakan flight number spesial 001, yaitu AS1, pada rute Washington-Seattle. Tak begitu jelas mengapa maskapai menggunakan nomor penerbangan spesial pada rute ini. Tetapi, disebutkan, rute ini sebagai pengganti dari rute gemuk di masa lalu yang juga menggunakan flight number itu, Fairbanks-Anchorage-Seattle.

Baca juga: Mengenal Arti Kode “PK” di Badan Pesawat Penumpang

Keduanya (rute di atas) termasuk dalam daftar teratas 10 rute terpendek yang menggunakan flight number spesial 001. Adapun delapan lainnya meliputi Spirit dari Fort Lauderdale ke Chicago O’Hare, Nok Air dari Bangkok Don Mueang ke Chiang Mai (mewakili Asia Tenggara), Skymark dari Tokyo Haneda ke Fukuoka, dan Air Macau dari Beijing ke Makau.

Selanjutnya, ada flydubai dari Dubai ke Doha, SAS Airlines dari Luleå ke Stockholm Arlanda, Southwest dari Dallas Love ke Houston Hobby.