Gerbong Tidur Baru Rajdhani Express yang Dilengkapi Fitur Cerdas

0
Rajdhani Express hadirkan era perjalanan baru (thestatesman.com)

Meski pandemi masih melanda dunia dan India baru menghadapi tsunami Covid, tetapi kereta api terus menghadirkan hal baru. Bukan hanya rumah sakit dengan menggunakan gerbong kereta api, tetapi menghadirkan beberapa keunggulan terbaru untuk kenyamanan penumpang mereka.

Baca juga: Rajdhani Express Kembali Beroperasi, Indian Railways: Tidak Ada Selimut dan Makanan

Di mana era baru pengalaman perjalanan kereta api dengan kenyamanan yang ditingkatkan sedang diluncurkan oleh Western Railway. KabarPenumpang.com melansir laman sumber thestatesman.com (20/7/2021), yang mana West Railway memperkenalkan garu gerbong tidur Tejas yang baru ditingkatkan.

Ini terlihat dari adanya gerbong berwarna emas cerah yang dilengkapi dengan fitur cerdas yang sudah disempurnakan. Gerbong tersebut diperkenalkan untuk menjalankan kereta Mumbai Rajdhani Express yang bergengsi di Western Railway dan mengklaim menawarkan pengalaman perjalanan terbaik di kelasnya.

Gerbong baru ini melakukan peluncuran perdananya mulai Senin (19/7/2021). Sumit Thakur, Chief Public Relations Officer Western Railway mengatakan, garu Kereta No02951/52 Mumbai – New Delhi Rajdhani Special Express yang ada sedang diganti dengan gerbong jenis Tejas baru.

Dua  gerbong tidur tipe Tejas tersebut telah disiapkan untuk dijalankan sebagai Rajdhani Express. Dari dua garu ini, satu garu terdiri dari gerbong tidur Tejas Smart eksklusif, yang pertama kali diperkenalkan di Indian Railway.

Kereta baru akan memiliki fitur pintar khusus untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Kehadiran gerbong pintar bertujuan untuk memberikan fasilitas kelas dunia kepada penumpang dengan bantuan sistem berbasis sensor cerdas.

Dilengkapi dengan Passenger Information and Coach Computing Unit (PICCU) yang didukungi dengan konektivitas jaringan GSM untuk konektivitas jarak jauh ke server. PICCU akan merekam data WSP, rekaman CCTV, sensor bau toilet, sakelar panik dan item lainnya yang terintegrasi dengan sistem deteksi dan alarm kebakaran, sensor kualitas udara dan filter choke dan pengukur energi.

Baca juga: Tejas Express, Kereta Api India Pertama yang Akan Dioperasikan Swasta

Thakur menyatakan bahwa dengan penggunaan Tejas SMART Coach, Indian Railways bertujuan untuk beralih ke perawatan prediktif daripada perawatan preventif.