Frontier Airlines, Maskapai LCC yang Halalkan Awak Kabin Terima Tip dari Penumpang

0
Sumber: istimewa

Bagi sebagian penumpang, nampaknya memesan minuman atau makanan di pesawat merupakan suatu ‘blunder’ yang sebisa mungkin tidak dilakukan – mengingat harganya yang begitu mencekik. Namun bagi mereka yang berkantong tebal dan kondisi yang memaksa, memesan penganan di pesawat bukanlah suatu hal yang berarti banyak – bahkan tidak sedikit dari mereka yang kadang menghadiahi tip bagi awak kabin yang melayaninya.

Baca Juga: Tipping Layakkah Diberikan Pada Awak Kabin?

Berbicara soal tipping, pada artikel sebelumnya sudah diberitakan bahwa awak kabin sudah mendapatkan bayaran yang cukup tinggi dari pihak maskapai – tidak seperti pegawai restoran atau kafe yang juga biasanya mendapatkan tip dari pengunjung. Namun kembali lagi, memberikan tip merupakan kebebasan dari setiap orang – selama tidak memaksa awak kabin yang bersangkutan untuk menerimanya.

Seorang pengamat perjalanan, Gary Leff mengatakan, “Cara lain untuk menunjukkan penghargaan Anda terhadap sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan baik adalah meluangkan waktu untuk menulis surat kepada pihak maskapai mereka tentang layanan mereka, yang bisa jauh lebih banyak dilihat orang daripada uang US$10 sebagai tip,”

Jadi kesimpulan soal tipping ini adalah, bukan tidak boleh memberikan tip kepada awak kabin, melainkan ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi kinerja mereka – tidak melulu dengan sejumlah uang.

Tapi, jangan kira tipping semacam ini selalu diberikan terlebih dahulu oleh penumpang. Di awal tahun 2019 kemarin, maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC/Low Cost Carrier) asal Amerika Serikat, Frontier Airlines menerapkan regulasi baru pada mobile apps mereka, dimana ada fitur baru untuk memberikan tip kepada awak kabin yang bertugas.

Tertera pilihan tip yang dapat disisihkan penumpang – 15 persen, 20 persen, hingga 25 persen. Persenan tip tersebut akan dikalikan dengan total nilai belanja penumpang selama penerbangan. Ambil contoh, penumpang berbelanja di atas pesawat dengan nilai US$5. Berarti opsi besaran tip yang bisa diberikan kepada awak kabin mulai dari 15 persen, 20 persen, hingga 25 persen dari US$5 tadi.

Tapi, penumpang juga bisa memilih untuk tidak memberikan tip atau memberi lebih dari opsi yang tersedia tersebut.

Baca Juga: Jangan Ganggu Awak Kabin Bila Tak Ingin Dapatkan Reaksi Tak Mengenakkan

Menanggapi hal ini, pihak Frontier mengatakan, “regulasi ini mulai efektif per 1 Januari 2019, awak kabin berhak mendapatkan tip atas apa yang mereka jual,”

Wah, ternyata kasus ‘mengemis’ seperti ini bukanlah satu-satunya yang pernah terjadi di dunia transportasi. Anda mungkin masih ingat dengan tip yang juga bisa diberikan penumpang kepada driver GoJek melalui saldo GoPay yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY