Ground Force One, Inilah Bus Lapis Baja Kepresidenan Amerika Serikat

0
Ground Force One jadi bus kepresidenan Amerika Serikat (businessinsider.com)

Ground Force One, adalah kode nama tidak resmi untuk bus lapis baja berwarna hitam yang digunakan pada masa kepemimpinan Presiden AS Barack Obama. Bus lapis baja senilai US$1,1 juta ini dibeli oleh Secret Service untuk menjamin keamanan dan keselamatan Orang Nomer Satu di AS tersebut. Ada dua armada yang disiapkan dan merupakan bus yang tidak sembarangan.

Baca juga: George Bush 41, Lokomotif Pemberian Union Pacific Kepada Presiden AS ke-41

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bus ini memiliki berbagai keunggulan yang tak jauh berbeda dengan mobil Kepreseidenan Candillac One. Ground Force One sendiri diperkenalkan pada Agustus 2011 yang awalnya digunakan oleh Barack Obama dalam kampanyenya menjelang Pemilihan Presiden 2012.

Ground Force One (businessinsider.com)

Bus lapis baja hitam tersebut dibeli sebanyak dua buah dari perusahaan Hemphill Brothers Coach yang berbasis di Tennessee. Sebelum dua armada Ground Force One hadir, Secret Service menyewa bus setiap kali presiden membutuhkannya dan memasang lapisan pelindung serta fitur keamanan lain.

Bus ini dilengkapi dengan run flat-tire, eksterior yang dilapis baja, kaca yang diperkuat, sistem pemadam kebakaran, tabung oksigen dan kantung darah untuk presiden. Selain fitur keamanan, bus dilengkapi dengan peralatan kantor lengkap temasuk telepon, radio, televisi dan internet.

Bahkan di dalam bus juga dilengkapi dengan captain seat serta sofa untuk menunjang kenyamanan presiden selama perjalanan darat. Bus tersebut dibuat oleh Prevost, perusahaan karoseri yang berbasis di Kanada.

Tipe bus tersebut yakni X3-45 VIP 3 yang baru dirancang oleh Quebec. Spesifikasianya adalah menggunakan triple axle yang memiliki panjang total 13,7 meter, lebar 2,6 meter dan tinggi 3,65 meter. Untuk mesinnya sendiri, menggunakan Volvo D13 dengan tenaga 500 TK dan torsi 2.372 Nm.

Baca juga: Untung Rugi Narrowbody vs Widebody untuk Pesawat Kepresidenan Indonesia

Pada masa kampanye menjelang Pemilihan Presiden 2012, bus kedua digunakan oleh calon presiden dari Partai Republik Mitt Romney. Yang mana setelah itu, bus kedua digunakan sebagai cadangan untuk tamu yang berkunjung.

Sama seperti “The Beast”, hanya beberapa orang terpilih yang akan pernah duduk di belakang kemudi Ground Force One. Ground Force One memungkinkan presiden diangkut dengan nyaman dan aman melalui serangkaian daerah yang lebih terpencil, seperti selama kampanye bus Obama melalui Ohio dan Pennsylvania pada tahun 2012.

Leave a Reply