HarbourFront Singapura, Pelabuhan Masuknya Pelancong dari Batam

0
Kapal pesiar bersandar di HarbourFront, Singapura

Pernah menyeberang ke Singapura menggunakan kapal dari Batam? Kalau pernah pasti Anda tidak asing dengan HarbourFront. Ini merupakan salah satu distrik tepi laut yang letaknya di bagian selatan Singapura. Dulu, area ini dikenal sebagai Seah Im tetapi juga disebut sebagai Jardine Steps.

Baca juga: Tak Perlu ke Pulau Sentosa di Singapura, Indonesia Mau Punya Bakauheni Harbour City

Namun setelah pelabuhan Singapura diperluas dan dikembangkan menjadi Maritime Square, kemudian berubah nama menjadi HarbourFront. Dirangkum KabarPenumpang.com dari wikipedia.com, nama HarbourFront sendiri hadir sejak awal tahun 2000-an.

Yang mana nama HarbourFront memberikan nuansa yang lebih berkelas pada area ini. Hadirnya HarbourFront sendiri awalnya dekat dengan titik paling selatan pulau utama Singapura dan akhirnya ada reklamasi lahan di Tanjong Pagar dan Tuas.

Lokasinya di perairan Pelabuhan Keppel yang terlindung membantu daerah tersebut berkembang sebagai area komersial yang berdekatan dengan Keppel Shipyards, terutama dengan pembangunan bekas World Trade Center pada tahun 1978. Tempat Pameran dan Konvensi besar pertama di Singapura, Kompleks Pameran World Trade Center, kemudian dibangun di samping World Trade Center, dan juga berfungsi sebagai simpul transportasi dengan ferry ke Sentosa dan tujuan regional lainnya seperti Batam.

Bahkan HarbourFront juga menjadi terminal kapal pesiar internasional di Negeri Singa. Pasalnya tahun 1991 silam, Singapore Cruise Center dibuka. Kemudian pembangunan besar-besaran kembali dilakukan di daerah itu setelah penutupan galangan kapal yang membuat nama HarbourFront ini diciptakan.

Kemudian HarbourFront Centre diluncurkan kembali yang mana bekas World Trade Center juga memiliki Kompleks Pameran tetangganya yang dihancurkan untuk memberi jalan bagi VivoCity, peningkatan Menara Kereta Gantung dan pembangunan dua blok perkantoran baru berdekatan dengannya.

Transportasi ke daerah tersebut meningkat pesat dengan dibukanya stasiun MRT HarbourFront dan perpanjangan Persimpangan Bus HarbourFront. Selain itu, jalur monorel baru ke Sentosa, Sentosa Express telah selesai dan dibuka pada 15 Januari 2007. Stasiun HarbourFront jalur Circle telah dibuka pada 8 Oktober 2011.

Baca juga: Pelabuhan Benoa Berbenah, Kapal Pesiar Ukuran Besar Akan Bisa Bersandar

Sebuah gedung perkantoran enam lantai baru juga sedang dikerjakan sebagai tambahan baru di HarbourFront Office Park. Situs baru ini dikenal sebagai HarbourFront Merrill Lynch, yang merupakan gedung enam lantai dan akan ditempati seluruhnya oleh bank Amerika Merrill Lynch dengan luas total 19 ribu meter persegi.

Pembangunan kantor lain sedang direncanakan di lokasi Gedung SPI saat ini. Selain itu, pengembangan perumahan dimungkinkan di masa depan. Singapore Cruise Centre akan diperluas untuk menampung lebih dari enam juta penumpang pada tahun 2010.

LEAVE A REPLY