India Lakukan Survei Stasiun Terbersih, Indonesia Kapan?

Stasiun Khozhikode menjadi stasiun terbersih di India ( thehindu.com)

Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa, urusan kebersihan pada fasilitas umum sampai saat ini masih jadi momok tersendiri di sebagian besar wilayah India. Selain beragam terobosan yang telah digadang para teknokrat dari Negeri Anak Benua, cara lain dengan pemberian peringkat kebersihan pada stasiun bisa menjadi upaya untuk mendorong upaya kebersihan di pra sarana transportasi.

Baca juga: Stasiun Gorakhpur, Punya Peron Terpanjang di Dunia

Awal Januari 2018 ini, Ixigo salah satu lembaga survei di India melakukan penilaian terhadap kebersihan stasiun-stasiun yang tersebar di seluruh India. KabarPenumpang.com merangkum dari laman thenewsminute.com (16/1/2018), bahwa hasil survei didapatkan 40 persen atau nilai tertinggi berada pada stasiun di India bagian selatan.

Dari nilai 5 stasiun Kozhikode di Kerala mendapat nilai 4,4 dan menjadi stasiun terbersih di India. Sedangkan stasiun Hazrat Nizammudin di Delhi mendapat nilai terendah pada hasil survei. Survei yang dilakukan hasilnya berdasarkan penilaian dari para pengguna kereta api.

“Swarna Jayanti Rajdhani telah diberi nilai kereta terbersih, sementara Karnataka Express mendapat peringkat terendah,” kata hasil survei tersebut.

Ixigo mengklaim sekitar 40 persen dari stasiun kereta apai di India, nilai tertinggi untuk kebersihan berada di India bagian selatan, 20 persen India bagian Tengah, 20 persen di Barat dan sisanya di Utara. Untuk stasiun yang dinilai tidak terlalu bersih berada di Uttar Praseh, Delhi dan Rajasthan.

Stasiun terbersih lainnya yang berada di bawah peringkat Kozhikode adalah Hubli Junction di Benggala Barat, Davangere di Karnataka, Dhanbad Junction di Jharkhand, Jabalpur di Madhya Pradesh, Bilaspur Junction di Chhattisagarh, Vadodara dan Rajkot di Gujarat, Falna di Rajasthan, dan Vijayawada Junction di Andhra Pradesh.

Sedangkan stasiun lainnya yang berada di peringkat terndah adalah Muzaffarpur dan Gaya Junctions di Bihar, Mathura dan Varanasi Junctions di Uttar Pradesh, Ajmer Junction di Rajasthan, dan Bhusaval Junction di Maharashtra.

“Kereta api India telah tumbuh sebesar 6,58 persen selama beberapa bulan terakhir di tahun 2017 saja,” Ujar Aloke Bajpai, CEO dan  co-founder Ixigo.

Meski kini perkeretaapian India telah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas perjalanan dengan membuat stasiun kereta lebih bersih, tetapi masih ada banyak yang harus di perbaiki. Ixigo bekerja sama dengan Indian Railway Catering and Tourism Corporation untuk memfasilitasi pemesanan tiket kereta api untuk lebih dari tujuh juta pengguna di aplikasi ini.

Pada bulan Mei tahun lalu, Perkeretaapian mengumumkan stasiun Beas sebagai yang terbersih, diikuti oleh Vishakhapatnam dan Khammam, dari 407 stasiun di India. Daftar stasiun terbersih dilepaskan berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kereta Api.

Baca juga: Stasiun Kachiguda di India, 100 Persen Lakukan Efisiensi Energi

Stasiun di Jogbani, Madhubani dan Sagauli – semua di Bihar – adalah yang paling kotor di peringkat keseluruhan. Di antara stasiun yang paling sibuk, Darbhanga di Bihar adalah yang paling kotor, diikuti oleh Bhopal di Madhya Pradesh, dan Ambala di Haryana.

India menjadi negara dengan jaringan kereta terluas sudah mampu mensurvei, Indonesia yang tak jauh berbeda apakah akan melakukan hal yang sama dan kapan lembaga survei akan menilai stasiun kereta terbersih?