India Punya Mobil Uji Covid-19, Indonesia Juga Punya di Mamuju

0
bus uji Covid-19 di Mumbai, India (businessinsider.in)

Mumbai menjadi salah satu kota terparah di India yang tekena pandemi virus corona atau Covid-19. Karena hal ini, Mumbai mendapatkan Bus Uji Covid-19 yang unik dan akan berkeliling kota mengumpulkan sampel uji untuk pengujian cepat.

Baca juga: WHO Setujui Rencana Peluncuran 120 Juta Tes Diagnostik Cepat Covid-19

Bus ini diluncurkan pada Hari Maharashtra di Mumbai pada 1 Mei oleh Dewan Alumni Institut Teknologi India (IIT). Dilansir KabarPenumpang.com dari businessinsider.in (8/5/2020), kehadiran bus ini untuk mengurangi biaya hingga 80 persen seperti yang diklaim oleh pihak berwenang.

“Dewan Alumni IIT telah mengambil pendekatan proaktif untuk mendukung upaya pemerintah dalam memerangi tantangan Covid-19. Kami telah bertindak cepat dan membentuk Satuan Tugas IIT C19 untuk menyalurkan energi Alumni IIT global untuk perjuangan ini,” kata Ravi Sharma, Presiden, Dewan Alumni IIT.

“Bus Uji Covid-19 didasarkan pada teknologi asli dan sejauh pengetahuan terbaik kami, adalah kendaraan pertama dari jenisnya di dunia dengan pengujian genetik onboard, teleradiologi berbasis AI dan pengumpulan sampel tanpa kontak. Kami memilih Mumbai sebagai lokasi peluncuran mengingat jumlah kasus yang relatif tinggi di kota tersebut,” tambahnya.

Bus Tes IIT C19 didasarkan pada Tumpukan Teknologi Kodoy asli dan dijalankan oleh organisasi mitra yang dipimpin oleh alumni IIT. Arsitektur Kodoy melibatkan e-kendaraan untuk pemilihan sampel dan telemedicine, pengujian genetika berbasis algoritma dan megalab asli yang mampu melakukan hingga lima juta pengujian per bulan per lab.

Mobil tes PCR di Mamuju (kabarpenumpang.com)

Sedangkan bus uji memiliki kapasitas untuk mengumpulkan 10-15 sampel uji per jam. Peralatan medis di pesawat terdiri dari Xray digital dosis rendah, teleradiologi waktu nyata, pengumpulan swab tanpa kontak, dan pengujian RNA instan. Bus tersebut telah dikonfigurasi untuk menahan hujan lebat dan memiliki ruang laboratorium seluas 384 kaki persegi.

Baca juga: Alat Tes Corona Supercepat Buatan Israel Jadi Senjata Baru Bandara Eropa Cegah Covid-19

Bus juga dilengkapi probe paru-paru ultrasound yang dioperasikan dengan tele robotik dan sekuenser gen nanopore. Tak hanya India, Indonesia juga kini menghadirkan bus untuk pemeriksaan Covid-19 dan sudah di launching di Mamuju, Sulawesi Barat.

Uji lab dengan mobil ini, alat yang digunakan adalah My Go PCR, dan bisa menguji sebanyak 32 sample dalam tiga hingga lima jam. Dalam mobil Elf ini hanya akan ada empat orang penguji lab yang berada di dalamnya.

Leave a Reply