India Rancang Bio Toilet Portabel untuk Polsuska Wanita

0
RPF hadirkan bio toilet portabel untuk petugas wanita. Foto: The Hindu

Seorang pria, untuk buang air kecil mungkin bisa di mana saja dan tak perlu sulit seperti wanita. Atas alasan tersebut Railway Protection Force (RPF) India – semacam Polisi Khusus KA (Polsuska) di PT KAI –  merancang bio toilet yang dapat dipindahkan serta bisa dirakit dan dibongkar dalam beberapa menit.

Baca juga: Stasiun Gandhinagar Jaipur, Gunakan Seluruhnya Petugas Wanita!

Ini dilakukan oleh Polsuska India demi memberikan privasi kepada petugas wanita selama program pelatihan di luar gedung kantor. KabarPenumpang.com melansir dari laman thehindu.com (8/8/2021), bio toilet yang dirakit ini menggunakan bahan daur ulang sehingga lebih hemat biaya dan mudah ditemukan untuk membuatnya.

“Kami menggunakan sisa-sisa rel kereta api untuk membuat toilet ini. Mereka seperti meja kecil dan bisa dibawa kemana-mana,” kata S. Louis Amuthan, wakil kepala petugas keamanan.

Amuthan menjelaskan, kebutuhan toilet portabel setelah perkeretaapian banyak merekrut perempuan untuk tenaga keamanan. “Ketika kami mengadakan kelas jarak jauh di kawasan hutan dan parade di luar, laki-laki mungkin bisa menyesuaikan. Tapi perjalanan seperti itu selalu menjadi masalah bagi wanita,” kata Amuthan yang mendesain toilet.

Polsuska India telah memanfaatkan toilet dan bahan lainnya dari gerbong tua untuk merancang toilet yang dapat dipindahkan. Pertama, mereka mencoba kayu untuk merakit unit sebelum beralih ke logam dan rexine karena kayu sangat berat. Kelebihan toilet ini adalah sehari setelah digunakan, airnya bisa dikuras untuk menyiram tanaman. Bakteri inokulum di ruang bio-toilet mengubah sampah menjadi bahan yang bermanfaat.

Baca juga: Manakah yang Bakal Jadi Solusi Toilet di Stasiun Kereta India: Bio-Toilet Atau Toilet Hibrida?

RPF telah merancang 18 toilet semacam itu dan mendistribusikan masing-masing dua ke divisi kereta. Ini bisa sangat berguna bagi para wanita di kepolisian reguler.