India Sukses Lubangi Perut Bumi Untuk Jalur MRT Bawah Airnya

Penggalian Jalur MRT di Bawah Air di India. Sumber: Facebook

Dalam salah satu usahanya untuk melancarkan proyek Metro jalur Howrah-Kolkata di India, Kolkata Metro Railway Corporation (KMRC) selaku pengembang dari proyek ini baru saja menyelesaikan salah satu jalur krusialnya, yaitu membelah sungai Hooghly. Jalur yang berbentuk terowongan bawah air sepanjang 16,4km ini diperkirakan sudah menguras kocek sekitar Rs 9.000 crore. Dilansir KabarPenumpang.com dari asianage.com (23/6/2017), pembangunan jalur ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, terlebih sejak Kolkata mendatangkan kereta Metro pada tahun 1984 silam.

Baca Juga: Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

“Tim KMRC, termasuk insinyur dari luar negeri, telah menyelesaikan pembangunan terowongan bawah laut pertama India, tepatnya di bawah sungai Hooghly,” ungkap Satish Kumar, Managing Director dari KMRC. Lebih lanjut, Satish mengatakan proyek pembangunan terowongan bawah tanah ini bermula pada minggu terakhir bulan April tahun lalu. Howrah dipilih sebagai titik awal pengeboran hingga akhirnya pada 20 Juni, pengeboran tersebut mencapai titik akhirnya di Kolkata.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak dua terowongan rencananya akan dioperasikan oleh KMRC untuk melayani jalur Howrah-Kolkata. Bukan tanpa alasan, satu terowongan akan digunakan untuk perjalanan dari Howrah menuju Kolkata, sedangkan yang satunya lagi digunakan untuk perjalanan sebaliknya. Terowongan bawah air tersebut berada di kedalaman 13 meter dari dasar sungai atau setara dengan 30 meter dari daratan.

Baca Juga: Kementerian Kereta Api India Janji Sulap Gerbong Lama Jadi Lebih Modern

Apabila sesuai rencana, terowongan berdiameter 5,55 meter dengan ketebalan dinding mencapai 275 mm ini akan mulai dilalui oleh The East-West Metro pada Agustus 2019 mendatang. Dilansir dari sumber berbeda, pihak pengembang sengaja menempatkan satu buah jalur evakuasi yang dapat digunakan oleh penumpang atau kru kereta jika dalam kondisi darurat. Sebagaimana diketahui, penambahan jalur evakuasi tersebut bukanlah perihal yang mudah dalam melakukan sebuah pengeboran jalur bawah air.

Baca Juga: Bertha, Mesin Bor Raksasa Yang Pernah Terperangkap di Bawah Tanah Seattle

Tidak hanya untuk jalur Howrah-Kolkata, pengeboran lainnya pun tengah berlangsung untuk jalur kereta peluru (bullet train) Mumbai-Ahmedabad, dimana jalur ini akan dilalui oleh layanan bullet train pertama di India. Dengan adanya terowongan bawah air ini, kelak penumpang akan merasakan sensasi perjalanan di bawah laut pada kecepatan maksimum hingga 350 km per jam. Bagi Anda yang memiliki ketakutan saat melewati sebuah terowongan, maka jantung Anda akan berdegup dua kali lipat ketika mengetahui terowongan tersebut berada di bawah air.