Inggris Pasang “Orang-orangan Sawah” untuk Hindari Burung yang Ganggu Perjalanan Kereta Api

0
perangkat penghalau burung yang dipasang Network Rail (railtechnologymagazine.com)

Sejak Desember tahun lalu, Avanti West Coast, perusahaan layanan kereta di Inggris, telah mengalami total 20 insiden di seluruh barat laut yang berkaitan dengan burung di saluran udara atau tertabrak kereta api. Salah satunya yakni sejumlah besar burung telah menyebabkan kerusakan pada pantograf kereta listrik Pendolino Avanti West Coast dan peralatan saluran udara yang memberi mereka tenaga di depot Alstom di Longsight, Manchester.

Baca juga: West Coast Avanti, Kereta Spesial di Inggris dengan Awak LGBT

Ini kemudian membuat Network Rail dan Avanti West Coast memasang perangkat baru yang bisa menakuti burung sambil melindungi mereka dari kemungkinan sengatan listrik. KabarPenumpang.com melansir dari railtechnologymagazine.com (1/9/2020), peralatan ini senilai £2000 dan telah diuji coba secara efektif dan dipasang oleh tim unit Pengiriman Pemeliharaan Manchester Network Rail.

Kehadirannya untuk mencegah burung menjauh dari depot yang berarti kereta jarak jauh yang akan berhenti tidak akan terganggu dan rusak tiba-tiba serta membuat mereka keluar dari layanan dan tertunda untuk perbaikan. Dengan adanya peralatan ini, membuat perjalanan penumpang jauh lebih baik bagi pelancong yang ingin berlibur atau pebisnis di masa mendatang.

Untuk diketahui, burung-burung ini diperkirakan bertengger di atas peralatan saluran udara dan kereta api yang tengah berhenti untuk mengangkut penumpang.

“Saat kami mulai menyambut kembali penumpang yang kembali ke jalur kereta North West, mereka ingin tahu bahwa layanan mereka dapat diandalkan dan tepat waktu. Burung di gudang Alstom telah menjadi gangguan nyata, tetapi solusi ini sama-sama menguntungkan, melindungi satwa liar dan kereta api dari bahaya,” kata Phil James, Direktur Rute North West Network Rail.

“Orang-orangan sawah elektronik adalah salah satu dari banyak metode yang kami terapkan di seluruh Barat Laut untuk membuat infrastruktur kami lebih andal, sehingga kami dapat memberikan layanan kereta tepat waktu yang dapat dibanggakan oleh orang-orang di Barat Laut,” tambah Phil.

Nick Westcott, Direktur Operasi di Avanti West Coast, mengatakan, pihaknya selalu menjajaki inisiatif aru untuk membuat rute mereka tahan terhadap berbagai skenario dan perjalanan pelanggan dapat lebih diandalkan.

Baca juga: Gegara Semprotan Tabir Surya, Kereta Cepat Cina Harus Berhenti Mendadak

“Burung dapat menunda kereta kami atau menyebabkan kerusakan pada mereka dan kabel di atasnya, jadi bekerja dengan Network Rail untuk memasang orang-orangan sawah elektronik akan membantu mencegah burung keluar dari rel kereta dan meningkatkan keandalan perjalanan pelanggan kami antara Manchester dan London,” kata Nick.

Leave a Reply