Inilah Lima Fakta Unik dari Raksasa Penguasa Angkasa Luas – Airbus A380!

Perbandingan ukuran antara Airbus A380 (depan) dengan Boeing 747 (belakang) milik Qantas. Sumber: Getty Images

Amat disayangkan memang jika airbus A380, pesawat yang masuk ke dalam kelas superjumbo jet ini menghentikan produksinya. Menyandang predikat sebagai pesawat jet penumpang komersial terbesar di dunia, ternyata hingga saat ini masih belum ada produsen pesawat lain yang bisa mengambil tahta dari A380. Ada banyak hal yang diunggulkan dari varian ini, mulai dari kapasitas angkutnya hingga waktu tempuh dalam sekali perjalanannya yang fantastis.

Baca Juga: Ternyata, Emirates Hanya Menggunakan Dua Jenis Pesawat!

Penasaran dengan keunggulan dari Airbus A380 ini? Berikut KabarPenumpang.com sarikan sejumlah poin wahid yang dimiliki superjumbo jet namun tidak dimiliki oleh varian lain, dikutip dari laman thepointsguy.co.uk.

Sangat Besar
Ada yang tahu beban takeoff maksimum dari A380 ini? Jawaban tepatnya adalah 1,3 juta pon atau yang setara dengan 590.000 kg! Beban tersebut setara dengan tujuh unit Boeing 737-800 atau 30 persen lebih berat ketimbang model terbesat dari varian Boeing 747. Ingin tahu kapasitas bahan bakar maksimum dari A380? 85.000 galon!

Konsumen Terbesar
Mungkin Anda semua sudah tahu siapakah maskapai yang paling banyak mengoperasikan varian 380 ini? Ya, Emirates! Dikabarkan, maskapai asal Timur Tengah ini memiliki hampir 40 persen dari total kuantitas A380 yang pernah diproduksi oleh Airbus. Agaknya fakta ini menjadi sebuah kewajaran manakala Emirates hanya mengoperasikan dua jenis pesawat saja – Airbus A380 dan Boeing 777.

Harga yang Setara Dengan 36 Bugatti La Voiture Noire
Mobil Bugatti La Voiture Noire dinobatkan sebagai mobil paling mahal di dunia pada tahun 2019 dengan harga menyentuh US$12,5 juta atau yang setara dengan Rp176,5 miliar. Lalu berapakah harga satuan dari Airbus A380? Satu unit A380 dibanderol dengan harga US$445,6 juta atau yang setara dengan Rp6,4 triliun. Itu berarti, harga satu unit Airbus A380 setara dengan 36 unit mobil termahal di dunia saat ini!

Mampu Mengudara Hingga 17 Jam!
Empat mesin Rolls-Royce Trent 900 atau Engine Alliance GP7000 yang menjadi daya dobrak utama A380 ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap pengoperasiannya. Dalam kondisi bahan bakar terisi penuh, superjumbo jet ini mampu menempuh perjalanan selama 17 jam non-stop atau yang setara dengan perjalanan dari Dubai menuju Auckland yang ada di Tenggara Australia.

Baca Juga: Intip Mewahnya Airbus A380 Emirates yang Digunakan Klub Bola Real Madrid

Hanya Dikemudikan Dengan Menggunakan Joystick
Pesawat tingkat dua, mampu mengangkut hingga lebih dari 600 penumpang dalam sekali jalan (konfigurasi satu kelas bisnis), dapatkah Anda membayangkan kemudi dari Airbus A380? Mungkin yang ada di benak Anda adalah sebuah setir super besar yang ada di ruang kokpit, namun pada kenyataannya Anda salah besar! Karena Airbus A380 ini hanyalah dikemudikan dengan menggunakan joystick – sebagaimana pesawat Airbus tipe lainnya.