Monday, July 15, 2024
HomeHot NewsInilah Pet Airways, Maskapai Penerbangan Khusus Hewan

Inilah Pet Airways, Maskapai Penerbangan Khusus Hewan

Membawa hewan peliharaan dalam penerbangan komersial tidak sepenuhnya mudah. Di beberapa maskapai, penumpang yang membawa hewan peliharaan ke kabin penumpang harus mengikuti sederet prosedur yang terkadang merepotkan. Atas dasar itulah, Pet Airways, maskapai khusus hewan peliharaan, didirikan.

Baca juga: Heroik, Pramugari Selamatkan Anjing Pakai Oksigen di Kabin Pesawat

Dilansir CNN International, Pet Airways didirikan pada tahun 2009 oleh seorang traveler dan penyuka sekaligus pemilik hewan pelliharaan. Meski tak dijelaskan secara rinci pengalaman seperti apa yang membuatnya memutuskan mendirikan Pet Airways. Tujuannya untuk memudahkan hewan peliharaan terbang ke beberapa kota di Amerika Serikat (AS).

Layaknya maskapai penumpang pada umumnya, Pet Airways juga mengerahkan ‘pramugari’ atau petugas hewan peliharaan untuk menjaga sekitar 50 hewan peliharaan -istilah di Pet Airways yaitu pawsenger- di setiap penerbangan.

Mengingat interaksi hewan tak sama seperti penumpang manusia, petugas yang menjaga akan berkeliling menghampiri setiap pawsenger per seperempat jam.

Sebelum pawsenger masuk ke kabin, mereka diperiksa terlebih dahulu dengan teliti oleh dokter hewan. Lounge mereka juga dibuat khusus, memungkinkan mereka ke toilet, jalan-jalan keliling terminal untuk melepas penat sebelum terbang.

Mengingat ini bukanlah penerbangan biasa, jangkauan terbang Pet Airways bisa dibilang belum begitu luas. Hanya meliputi dari dan ke Chicago, Florida, New York, Meza, Arizona, Hawthore, California, Broomfield, Colorado, Atlanta, Baltimore, Washington, Omaha, dan lain sebagainya.

Mayoritas penerbangan Pet Airways lepas landas dan mendarat di bandara yang lebih kecil di kota-kota tersebut, bukan bandara besar sebagaimana penerbangan komersial.

Tiket penerbangan yang ditawarkan Pet Airways juga cukup terjangkau. Harganya berkisar US$150 per hewan di setiap penerbangan. Namun, sebagaimana penumpang manusia yang terkadang diminta membayar lebih karena ukuran tubuh atau berat badan, hewan pun demikian.

Disebutkan, harga tiket penerbangan pawsenger bisa jauh lebih besar mengikuti tubuhnya, berkisar US$500 sampai US$1.200.

Baca juga: Intip Gaya Anjing Ini Nikmati Kursi Kelas Bisnis Singapore Airlines dari Sydney-Italia

Meski mendapat respon bagus oleh warga AS, namun, Pet Airways hanya mampu bertahan dua tahun atau stop operasi pada tahun 2011 dengan total mengangkut sebanyak 9.000 hewan di seluruh AS dengan aman tanpa insiden apapun.

Akan tetapi, dalam laman resminya, maskapai menyebut akan kembali beroperasi pada pertengahan tahun 2022 mendatang, masih dengan konsep yang mayoritas sama tetapi dengan detail-detail yang berbeda.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru