Jadi Kiblat Kemajuan Kereta Api Dunia, Inilah Lima Jenis Kereta di Jepang

0
Kereta peluru Jepang (Tokyo Daily News)

Jepang memiliki jaringan rel yang luas dan mencakup hampir setiap kota di negara tersebut. Bahkan jaringan kereta api di Negeri Sakura ini merupakan salah satu yang paling maju di dunia. Layanan transportasi kereta api Jepang disediakan oleh lebih dari 100 perusahaan swasta.

Baca juga: Inilah Sepuluh Kereta Cepat di Dunia

Karena memiliki jaringan yang luas, kereta api di Jepang bahkan dibedakan menjadi lima jenis yakni kereta lokal, kereta cepat, kereta ekspres, kereta ekspres terbatas dan shinkansen. Nah, berikut ini penjelasan terkait lima jenis kereta di Jepang yang sudah dirangkum KabarPenumpang.com dari trainspread.com.

Kereta Shinkansen
Kereta cepat ini dibuka pada 1964 dan dioperasikan oleh beberapa operator yakni JR East, JR West, JR Central, JR Hokkaido, JR Kyushu dan JR Shikoka. Memiliki sembilan jalur, shinkansen melaju di track dan platform terpisah dari jalur rel konvensional. Jalur pertama shinkansen yakni Tokaido Shinkansen yang menghubungkan, Tokyo, Nagoya dan Osaka.

Ini adalah sistem rel kecepatan tertinggi komersial pertama di dunia dengan kecepatan maksimum 320 km per jam. Kereta shinkansen ternyata memiliki level yang berbeda, di mana kecepatan melaju yang berbeda dan jumlah perhentian yang berbeda di sepanjang jalan. Setiap level, shinkansen memiliki nama sendiri yakni Nozomi, Hikari, Mizuho, Kodama, Hayabusa dan Sakura.

Kereta Limited Express atau Ekspres Terbatas
Ini adalah layanan kereta dengan pemberhentian terbatas di stasiun utama atau yang paling sering digunakan. Jalur ekspres terbatas mencakup lebih banyak kota daripada shinkansen.

Ini juga merupakan kereta tercepat selain shinkansen dan tarifnya lebih murah. Meski begitu, kereta ini memiliki kursi yang sama dengan shinkansen. Seperti kereta shinkansen, biaya tambahan akan ditambahkan ke tarif tiket saat membeli tiket di ekspres terbatas.

Kereta Ekspres
Kereta ini berhenti di beberapa perhentian dan lebih banyak daripada kereta ekspres terbatas. Perjalanannya membutuhkan waktu lebih lama daripada kereta ekspres terbatas meski melaju di jalur yang sama. Semua kereta ekspres dioperasikan oleh JR Group.

Baca juga: Tahan Gempa, Ini Kereta Berkecepatan Tinggi yang Baru di Jepang

Kereta Cepat atau Rapid
JR Group mengoperasikan kereta cepat ini dengan berhenti di lebih banyak stasiun. Untuk naik kereta ini, penumpang tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti kereta ekspres.

Kereta Lokal
Merupakan jenis kereta yang paling lambat dan berhenti di setiap stasiun. Tarifnya pun standar dan tidak akan dikenakan biaya tambahan seperti kereta ekspres.

Leave a Reply