Jelang Asian Games 2018, ASDP Operasikan Dermaga dan Layanan Ferry Eksekutif

Sumber: bisnis.com

Perhelatan olahraga se-Asia ke-18 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, membuat pemerintah pusat maupun daerah mempersiapkan yang terbaik seperti salah satunya moda transportasi dan fasilitasnya. Baru-baru ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan kunjungan ke Lampung dan meninjau dermaga eksekutif di Merak.

Baca juga: Terombang-Ambing Selama Tujuh Jam, Penumpang Kapal Ferry ini Tidak Bisa Gunakan Toilet!

Adanya kunjungan tersebut untuk memastikan layanan laut yang di lakukan PT ASDP Indonesia Ferry berjalan optimal untuk mendukung Asian Games 2018.

“Saya terus memastikan bahwa BUMN pelayanan publik terus memberikan pelayanan optimal sebagai bentuk dukungan bagi penyelenggaraan Asian Games 2018,” ujar Rini yang dikutip KabarPenumpang.com dari liputan6.com, Rabu (8/8/2018).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi mengatakan, diperkirakan akan ada peningkatan trafik selama pelaksanaan Asian Games 2018 pada lintasan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera. Dengan adanya perhelatan besar se-Asia tersebut, pihaknya mendukung dengan membangun terminal eksekutif berkonsep modern yang kedepannya diharapkan mampu menunjang sektor pariwisata.

“Di dalam terminal akan ada hotel, restoran, retail, perkantoran dan area komersial dengan desain interior yang megah. Kami juga menghadirkan layanan kapal eksekutif yang ditargetkan nantinya dapat melintasi Merak-Bakauheni dalam waktu satu jam saja,” kata Ira.

Sehingga ASDP sendiri akan mengoptimalkan layanan kapal dan dermaga untuk memberikan layanan prima kepada pengguna jasanya. Ira mengatakan, pihaknya ingin orang-orang melihat wajah pelabuhan penyeberangan berubah dengan mengutamakan fasilitas yang mampu membuat penumpang nyaman.

Baca juga: Sebelum Menyebrang ke Bakauheni, Yuk Main di Destinasi Ini!

Dia mengatakan, hadirnya terminal ini diharapkan dapat lebih memanjakan para penumpang ferry yang akan menyeberang dari Merak ke Bakauheni. Sementara itu, pertengahan Agustus nanti juga akan dilakukan soft launching untuk keberangkatan kapal melalui dermaga eksekutif tersebut.

“Begini, kita mulai tanggal 15 Agustus itu soft launch belum ada selebrasinya, tapi kan bangunan baru penumpang itu udah mulai jalan dan kapal eksekutif jalannya efektifnya per September. Ada empat armada (kapal),” kata Ira.

Ira menambahkan, untuk kapal eksekutif, ASDP sendiri ‘mendandani’ interior sejumlah kapal yang beroperasi di Merak-Bakauheni menjadi kapal yang memiliki nuansa berbeda dengan kapal ferry pada umumnya, baik dari segi fasilitas maupun kenyamanan yang lebih baik. Jenis yang dioperasikan adalah kapal Roro (roll on roll off) dengan ukuran 13 ribu GT dan 15 ribu GT dan kapasitas penumpang 200 ribu orang.