Jelang Perayaan Hari Nasional Cina 1 Oktober, Tiket Kereta Cepat Habis Diborong

(Mari Melantjong)

Setiap tanggal 1 Oktober, Rakyat Cina memperingati Hari Nasional, dimana mereka merayakannya selama satu minggu setiap tahunnya. Hari Nasional sendiri yang dirayakan Republik Rakyat Cina menandai dimulainnya salah satu pekan emas. Sebab Hari Nasional ini dirayakan di seluruh Cina daratan, Hong Kong dan Makau dengan berbagai festival perayaan yang diselenggarakan pemerintah, termasuk pertunjukan kembang api dan konser.

Baca juga: Uji Coba Kereta Cepat Otomatis di Cina Akan Mulai Musim Panas 2019

Pelaksanaannya sendiri biasanya dimulai dengan upacara di Lapangan Tianmen di pusat kota yakni Beijing. Adanya Pekan Emas ini, di gunakan seluruh masyarakat Cina untuk berlibur bahkan tiket kereta ke Beijing dari berbagai tujuan yang melintasi perbatasan pun sudah habis terjual untuk hari pertama libur Hari Nasional 1 Oktober.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari scmp.com (15/9/2018), meski sudah habis terjual di platform pembelian besar, tetapi untuk platform lokal Hong Kong, tiket masi bisa didapatkan. Bahkan diprediksi pelancong yang akan menggunakan jaringan kereta api di hari pertama Pekan Emas membludak.

Untuk pelancong yang akan melakukan perjalanan ke terminal Kowloon Barat dari Beijing, Shanghai, Fuzhou, Hangzhou dan Xiamen pada 1 Oktober tidak bisa lagi mendapatkan tiket melalui platform-platform resmi seperti 12306.cn dari China Railway Corporation. Anggota parlemen lokal Yiu Si-wing yang mewakili sektor pariwisata legislatif kota tersebut memperkirakan pendapatan hotel akan melonjak lebih dari 10 persen dan tingkatan penyewaan rumah naik lima atau enam persen selama satu pekan tersebut ketika sebagian besar masyarakat daratan berlibur.

Sayangnya Yiu mengatakan sulit untuk memprediksi jumlah pelancong yang akan berkunjung ke Hong Kong. Sebab masyarakat Cina saat ini sering bepergian ke luar negeri selama Pekan Emas.

“Jika penerbangan di luar negeri penuh dan mahal, maka orang akan memilih Hong Kong,” ujar Yiu.

Jalur kereta ekspres akan membawa lebih banyak orang dari kota-kota tingkat kedua dan ketiga di provinsi-provinsi Cina seperti Jiangxi dan Hunan. Jika tur yang lebih tinggi diadakan untuk mereka. Ini karena penerbangan dari tempat-tempat ini relatif mahal dan jarang. Sementara itu, Badan Pariwisata Hong Kong telah mengincar peluang bisnis.

Seorang juru bicara mengatakan telah bekerja dengan agen perjalanan utama di 10 kota di sepanjang rute kereta api, termasuk Guiyang di provinsi Guizhou, Wuhan di Hubei, dan Changsha di Hunan. Itu juga telah bekerja dengan perusahaan pelayaran untuk menawarkan paket kereta api dan kapal gabungan bagi wisatawan dari Cina tengah dan barat.

Di Hong Kong, agen perjalanan lokal telah bersaing untuk pelanggan yang ingin menggunakan jalur Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong pada hari debutnya, 23 September.
Toko-toko kecil menghadapi masa depan yang tidak pasti di dekat terminal kereta api berkecepatan tinggi. China Travel Service pada Kamis mengiklankan berbagai paket tur untuk hari pembukaan dengan harga antara HK$799 dan HK$3.499.

Saingan Layanan Perjalanan Hong Thai dan Wing On Travel, dua dari agensi terbesar di kota itu, meluncurkan tur tiga hari ke Chaoshan di provinsi Guangdong, sebuah destinasi yang berjarak sekitar tiga jam dengan kereta api berkecepatan tinggi. Direktur Hong Thai, Jason Wong Chun-tat, percaya ada banyak permintaan untuk wisata kereta api dan mengatakan perusahaan itu mengincar paket ke kota-kota di bawah lima jam lagi, termasuk Guilin di Guangxi. Wong mengantisipasi pertumbuhan dua digit untuk perusahaannya dalam mengatur perjalanan ke tujuan-tujuan ini.

Baca juga: Melancong ke Hong Kong? Jangan Lupa Octopus Card

“Dengan kereta kecepatan tinggi, kapasitas angkut bisa dinaikkan,” katanya.

Yiu mengatakan, untuk Hongkong, tujuan jarak pendek dalam tiga atau empat jam akan menjadi undian terbesar, yang dapat dicapai untuk akhir pekan yang panjang. Tapi Johnny So Tsz-yeung, manajer umum Sunflower Travel, mengatakan bahwa perusahaan sedang menunggu untuk mengukur dampak dari jalur kereta api sebelum mengatur tur karena daya tariknya mungkin terbatas.

Stasiun Guangzhou Selatan tidak dekat dengan pusat kota, katanya, dan kereta api ke Guilin dan Chaozhou tidak sering. Sistem tiket real-time dan persyaratan bagasi menyulitkan agen untuk mengatur tur, tambahnya. Semua tas harus memiliki dimensi gabungan (panjang, tinggi dan lebar) tidak lebih dari 130cm.

Pada hari Jumat, Adi Lau Tin-shing, direktur operasi untuk operator kereta api Hong Kong, MTR Corporation, mengungkapkan bahwa sekitar 15 ribu tiket telah dijual di Hong Kong pada hari Kamis, dengan Guangzhou South tujuan paling populer, diikuti oleh Chaoshan, Xiamen dan Fuzhou di provinsi Fujian. Tiket tersedia di stasiun West Kowloon, online dan via telepon, serta melalui 17 agen perjalanan lokal.