Jetstar Tak Konsisten, Penumpang Bingung dengan Aturan Bagasi

Tas berisi sepeda (stuff.co.nz)

Seorang penumpang Jetstar merasa tersesat dengan aturan bagasi maskapai. Sebab setiap terbang, dirinya akan membawa serta sepeda dalam penerbangan tersebut dan membayar semua kelebihan bagasi serta semua penanganannya.

Baca juga: Ikuti Jejak Lion Air Hilangkan Bagasi Gratis, Citilink Siapkan Sosialisasi

Dilansir KabarPenumpang.com dari stuff.co.nz (13/2/2019), Frida Sumardjo yang berangkat dari Auckland menuju ke Christchruch di Selandia Baru, saat memeriksa tas sepedanya di konter check in diberi tahu harus membayar biaya. Dia mengaku tidak sadar dengan pengenaan biaya untuk penanganan sepedanya tersebut.

“Aku punya barang bawaan yang sama masuk dan keluar. Setelah membayar $200 untuk penerbangan kembali, yang termasuk $34 untuk tas yang diperiksa dan $50 untuk bagasi yang terlalu besar,” ujarnya.

Dia mengatakan biaya tersebut seperti biaya transportasi untuk sepedanya dan bukan untuk penanganan. Frida juga mengatakan bahwa dirinya diberitahu bahwa bayarannya telah dinyatakan dalam syarat dan ketentuan Jetstar.

“Mereka mengatakan saya harus membaca syarat dan ketentuan di situs web, tetapi saya tidak berpikir saya perlu, saya pikir saya telah membayar untuk bagasi yang terlalu besar dan itu termasuk semuanya,” lanjutnya.

Karena ketidakjelasan tersebut, Frida kemudian menghubungi Jetstar dan biaya penanganan sudah termasuk dalam syarat serta ketentuan. Frida mengaku dirinya belum pernah membayar sebelumnya saat bepergian bersama sepedanya.

“Mereka bilang, kamu beruntung kamu tidak dikenakan biaya. Mereka bilang aku tidak boleh mengeluh karena aku tidak dikenakan biaya,” ujar Frida.

Dia sendiri membayar $60 sebagai biaya dengan barang seberat 15 kg dan menganggap dirinya hanya delapan kilogram. Frida mengatakan, ingin Jetstar membuat aturan bagasi yang jelas agar tidak menyesatkan.

Salah seorang juru bicara Jetstar mengatakan, maskapai tersebut menyesal saat mendengat Frida memiliki pengalaman yang tidak konsisten tersebut. Dia mengatakan, Jetstar akan mengingatkan tim bandara tentang kebijakan bagasi yang terlalu besar untuk memastikan hal tersebut diterapkan setiap saat.

Tetapi Jetstar juga memiliki pengingat bagi penumpang yang memeriksa barang bawaan berukuran besar harus selalu membeli berat bagasi bersama dengan biaya penanganan sehingga kami akan mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan tim bandara kami untuk menerapkan ini secara konsisten. Seorang juru bicara Komisi Perdagangan mengatakan mereka tidak bisa mengomentari situasi karena mereka belum menyelidiki klaim pelanggan.

“Komisi memberlakukan UU Perdagangan yang Adil yang melarang perilaku menyesatkan atau menipu. UU Perdagangan yang Adil tidak menentukan jumlah biaya berbeda yang dapat dibebankan, hanya saja konsumen tidak boleh disesatkan tentang harga atau biaya,” ujar juru bicara komisi perdagangan.

Baca juga: Hindari Kecurangan di Bagasi Kabin, Qantas Lakukan Audit Penumpang

Sejak biaya diperkenalkan, Komisi telah memiliki satu keluhan tentang masalah ini, tetapi ditemukan bahwa tidak ada pelanggaran hukum yang jelas dan tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil.