Jodoh Tak Kemana, Inilah Kisah Pasangan yang Berkenalan di Bandara

0
Jesus Estrella Jurado dan Irja Uotila (cnn.com)

Bertemu di bandara dan menjadi pasangan hingga saat ini, mungkinkah terjadi? Nyatanya ada yang seperti ini dan masih terus bersama hingga sekarang. Pasangan ini adalah Irja dan Jesus, di mana keduanya pertama kali bertemu di Bandara Meksiko.

Baca juga: Ada Aplikasi ‘Cari Jodoh’ di Bandara, Patut Dicoba Buat Para Jomblo!

Pertemuan itu terjadi ketika Irja Uotila yang tinggal di New York memutuskan mengejar impiannya mengunjungi Amerika Latin. Namun sayangnya dia tidak bisa berbahasa Spanyol dan dirinya berdiskusi dengan teman-temannya, termasuk Marcus, mantan rekan kerja Irja yang dibesarkan di Meksiko.

KabarPenumpang.com dari cnn.com, Irja ingin mengunjungi Oaxaca dan harus transit di Meksiko dan bermalam. Marcus kemudian menghubungi teman sekolahnya Jesus Estrella Jurado dan bertanya apakah bisa menemui Irja di bandara.

Ternyata hal itu disambut baik oleh Jesus dan meski dia tidak mengenal tentang Irja demi membatu Marcus. Jesus kemudian membuat papan nama buatan sendiri dan mengeja nama Irja dan membeli karangan bunga saat wanita itu tiba di bandara.

Ketika Irja melangkah melewati kerumunan saat kedatangan di Bandara Mexico City, Jesús langsung dipukul olehnya. “Hanya senyumnya, matanya,” kenangnya sekarang.

Irja, sementara itu, kelelahan karena dia langsung berangkat kerja ke bandara, tetapi begitu dia diperkenalkan dengan Jesús, dia merasa nyaman dengan kehadirannya. “Dia tampak baik,” kenangnya sambil berpikir. Ada semacam kesopanan dalam dirinya, katanya, yang langsung dia hangatkan.

Meski hanya bertemu satu malam, ternyata keduanya tetap terhubung sejak kepulangan Irja ke New York. Di tahun yang sama yakni 1991, tepatnya tiga bulan setelah Irja ke Meksiko, Jesus ke New York untuk bekerja dan pulang setelah urusannya selesai.

Hingga akhirnya pada Desember 1995, Irja dan Jesús menikah dalam upacara sipil, diikuti dengan upacara keagamaan kecil pada tahun berikutnya. Mereka membeli cincin bersama dalam perjalanan pulang ke Taxco awal tahun itu. Pada saat itu, mereka belum menetapkan tanggal pernikahan, tetapi sepertinya itu adalah kesempatan yang sempurna.

Pada 2021, Irja dan Jesús akan merayakan 30 tahun sejak mereka bertemu di Bandara Mexico City, dan 25 tahun sejak mereka merayakan pernikahan mereka di New York. Dalam beberapa dekade terakhir, mereka telah mengunjungi Taxco berkali-kali, termasuk dengan putrinya Erica. Mereka juga menikmati kembali ke Museum Frida Kahlo dengan Erica di belakangnya. Keluarganya juga menghabiskan waktu di Finlandia dan bepergian bersama di Eropa.

“Bepergian memberi Anda perspektif yang berbeda, perspektif tentang budaya Anda sendiri, tetapi juga, menurut saya hal itu akan membuka pikiran Anda,” kata Irja.

Tiga puluh tahun sejak mereka pertama kali bertemu, baik Irja dan Jesús masih menikmati belajar hal-hal baru tentang satu sama lain baik dan tidak begitu baik, kata mereka sambil tertawa. Dan meski pasangan itu sering kali mengingat kembali kebetulan ajaib dari pertemuan pertama mereka, mereka juga menantikan masa depan.

Baca juga: Eva Air Tawarkan Kencan Antar Penumpang ‘Jomblo’ Secara Acak di Udara, Tiket Ludes dalam Sekejap

“Meskipun kami memiliki perbedaan, sangat menyenangkan bisa bersama, dan tetap menikmati perasaan yang membuat kami memutuskan untuk bersama, semoga untuk tahun-tahun mendatang. Hidup terus menjadi begitu murah hati, begitu indah. Jadi itulah perasaan saya bersyukur untuk itu,” kata Jesús.