JR East Luncurkan Layanan Limited Express Menuju Gunung Fuji

Fuji Kaiyu Limited Express. Sumber: istimewa

Sabtu (16/3/2019) kemarin menjadi salah satu momen bersejarah bagi perkeretaapian Jepang, pasalnya salah satu operator mereka baru saja merilis layanan Fuji Kaiyu Limited Express. Layanan kereta tamasya ini sendiri diberangkatkan dari Platform 9 Stasiun JR Shinjuku yang berada di Tokyo – dilepas oleh para pecinta kereta api yang berbekal kamera untuk mengabadikan momen tersebut. Prosesi peluncuran layanan kereta api ini juga tetap disaksikan oleh wisatawan mancanegara kendati adanya pengenaan pajak bagi warga asing yang hendak meninggalkan Jepang.

Baca juga: Mulai 7 Januari, Jepang Kenakan “Pajak Keberangkatan” untuk Seluruh Penumpang Internasional

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, layanan apakah ini? KabarPenumpang.com mengutip dari laman straitstimes.com (18/3/2019), Fuji Kaiyu Limited Express merupakan kereta layanan terbatas yang akan membawa penumpang dari Shinjuku menuju Stasiun Kawaguchiko yang terletak di Prefektur Yamanashi dalam waktu kurang daridua jam. Stasiun ini sendiri terletak di dekat Gunung Fujiyang amat terkenal.

Menurut data Pemerintah Prefektur Yamanashi, daerah tersebut menerima pendatang sekira 32,16 juta wisatawan, yang tergabung dari wisatawan mancanegara dan domestik pada tahun 2017 silam. Angka tersebut terus mengalami peningkatan setelah UNESCO menobatkan Gunung Fuji sebagai situs warisan dunia. Selain ke Gunung Fuji, tidak sedikit dari para pelancong yang juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Danau Kawaguchi. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi dalam kurun waktu enam tahun ke belakang.

Seorang turis berusia 35 tahun asal Amerika yang juga turut serta dalam peluncuran perdana kereta ini mengaku merasakan nyaman ketika menggunakan layanan baru ini, dimana waktu kurang dari dua jam untuk sampai ke Gunung Fuji dapat ia tempuh tanpa harus berganti kereta.

“Perjalanannya sangat nyaman,” ujar turis anonim tersebut.

Baca Juga: Operator Kereta Jepang Hapuskan Sistem Pelatihan yang Ancam Keselamatan Calon Pekerja

Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa kereta api merupakan tulang punggung transportasi di Jepang, namun untuk masalah berganti kereta, terkadang membuat para pelancong kebingungan. Tidak sedikit dari para pelancong yang harus bertanya kepada petugas stasiun sebelum ia melanjutkan perjalannya.

Dari pihak JR East selaku operator layanan Fuji Kaiyu Limited Express, perusahaan mengatakan bahwa mereka juga akan meningkatkan penggunaan dari kereta peluru Shinkansen melalui update yang paling baru. Sebut saja Jalur Joetsu Shinkansen, yang mengulat ke banyak resor ski populer di kalangan orang asing, seperti Gala Yuzawa di Prefektur Niigata