JR East Siap Uji Coba Kereta Tercepat di Dunia Jumat Malam Ini!

Alfa-X. Sumber: The Japan News

Bukan Jepang namanya kalau tidak terus melakukan improvisasi terhadap jaringan kereta apinya. Ketika negara ini sudah punya jaringan kereta api paling canggih di dunia, namun dirasa masih kurang, maka salah satu operator kereta di Negara Matahari Terbit tersebut, East Japan Railway Co. (JR East) dikabarkan baru saja meluncurkan kereta uji penuh Alfa-X Shinkansen. Konon katanya, ini merupakan kereta Shinkansen paling cepat diantara yang lainnya – mampu merengkuh kecepatan hingga 400 km per jam!

Baca Juga: Terus Kembangkan Shinkansen, JR East Uji Coba ALFA-X

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Alfa-X Shinkansen sendiri rencana akan mulai dioperasikan pada tahun 2030 mendatang, dan JR East rencananya hanya akan mengoperasikan kereta ini pada kecepatan 360 km per jam saja. Itu berarti, kecepatan Alfa-X Shinkansen menandingi produksian asal Cina, Fuxing Hao yang berlari dengan kecepatan 350 km per jam – padahal, top speed dari kedua ular besi ini sama-sama menyentuh angka 400 km per jam.

Guna mengatasi hambatan angin yang tercipta ketika kereta memasuki terowongan, gerbong paling depan dari Alfa-X ini didesain sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk hidungyang lebih ramping ketimbang varian lainnya, dengan panjang hidung mencapai 22 meter.

Adapun kereta yang menarik 10 rangkaian ini akan diuji coba pada Jumat (10/5/2019) dan mengular dari kota Aomori dan Sendai. Agar tidak mengganggu operasional kereta lainnya, uji coba ini sendiri akan digelar pada malam hari selama tiga tahun.

Alfa-X ini sendiri didominasi oleh warna perak yang dihiasi oleh garis berwarna hijau. Kereta Shinkansen tercepat saat ini merupakan bagian penting dari rencana otoritas terkait untuk menawarkan layanan yang lebih cepat menuju Sapporo, kota terbesar di pulau paling utara Hokkaido.

Baca Juga: JR East Uji Coba Shinkansen Eksperimental ALFA-X Sebelum Mengular Mei 2019

“Pengembangan shinkansen generasi berikutnya didasarkan pada konsep-konsep kinerja yang unggul, tingkat kenyamanan penumpang yang tinggi, lingkungan operasi yang unggul dan pemeliharaan yang inovatif,” ujar pihak JR East dalam sebuah pernyataan tertulis.

Meskipun Alfa-X menyandang predikat sebagai kereta tercepat di dunia saat ini, tapi gelar tersebut mungkin akan dicopot pada saat ia mulai beroperasi kelak. Selain karena kereta ini akan beropeasi di bawah kecepatan maksimalnya, namun teknologi kereta maglev juga mungkin akan menyaingi Shinkansen.