JR West Kembangkan Tongkat ‘Pencengkeram’ Pengambil Barang Jatuh di Rel Kereta

0
JR West hadirkan tongkat pencengkeram untuk ambil barang jatuh (mainichi.jp)

Begitu banyak barang penumpang yang jatuh di rel peron membuat perusahaan kereta api Jepang menciptakan tongkat pencengkeram serbaguna. Tongkat tersebut akan digunakan untuk mengambil barang milik penumpang yang terjatuh di rel saat menunggu kereta.

Baca juga: Panasonic Ciptakan ‘Vacuum Cleaner’ untuk Sedot AirPods yang Jatuh di Rel

West Japan Railway Company atau JR West yang mengembangkan dan memperkenalkan model baru tongkat pencengkeram yang bisa mengambil barang dengan cepat. Tongkat ini dilengkapi dengan bantalan lengket dan magnet yang menempel di salah satu ujungnya.

Dilansir KabarPenumpang.com dari mainichi.jp (6/6/2021), tongkat ini, nantinya memudahkan petugas untuk mengambil barang termasuk barang kecil seperti earbud nirkabel yang sulit diambil ketika jatuh di rel. Salah seorang juru bicara jR West mengatakan, bahwa petugas bisa mengambil barang terjatuh di rel dengan tongkat tersebut dalam waktu satu menit.

Dia menambahkan, dengan kecepatan tersebut diharapkan tidak mengganggu jadwal perjalanan kereta yang ada. Juru bicara tersebut mengatakan, tongkat ini adalah versi terbaru yang terbuat dari serat kaca dan panjangnya sekitar 2,4 meter saat diregangkan dan beratnya sekitar 860 gram.

Selain cakar mekanis konvensional, dua bantalan lengket untuk mengambil benda tipis seperti kartu IC dan ponsel cerdas, magnet untuk mengambil earbud nirkabel, pengait untuk mengambil tas dan sepatu hak tinggi dan lampu untuk digunakan di malam hari telah hadir baru. Di balik perkembangannya adalah semakin luasnya jangkauan objek yang secara tidak sengaja dijatuhkan orang di atas rel.

Earbud nirkabel, yang berbentuk seperti penyumbat telinga, sangat mudah dijatuhkan, dan sulit untuk diangkat jika jatuh di antara batu yang hancur di rel. Karena harganya mahal, dengan beberapa di antaranya dihargai dalam kisaran puluhan ribu yen (ratusan dolar), penumpang telah membuat lebih banyak permintaan untuk mengambilnya.

Untuk diketahui ada sebanyak 1.323 kasus earbud terjatuh di rel selama April tahun ini dan menjadi rekor tertinggi. Seorang perwakilan di kantor pusat kereta api JR West mengatakan, karena waktu pekerjaan pengambilan disesuaikan dengan pusat komando operasi, hampir tidak mempengaruhi jadwal kereta api.

Meski begitu, ada seruan keras di lapangan untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah barang yang jatuh di rel. Departemen operasi stasiun JR West dan lainnya memulai penelitian bersama dengan produsen untuk mengembangkan versi terbaru perangkat, dan membuat prototipe pada November 2019.

Setelah memverifikasi gaya magnet sehingga magnet tidak tertarik ke rel atau gerbong kereta, mereka meluncurkan penggunaan perangkat skala penuh pada Mei tahun ini di total 109 stasiun termasuk Osaka dan Tennoji.

Baca juga: Demi Ambil Barang Jatuh, Wanita Ini Nekat Turun ke Rel Lewat Celah Antara Kereta dan Peron

“Kami telah berhasil membuat alat temu kembali yang belum pernah ada sebelumnya. Jika Anda menjatuhkan sesuatu, jangan pernah turun ke rel; sebaliknya, hubungi staf stasiun terdekat,” kata seorang perwakilan di departemen operasi stasiun.