Jurus Selamat Bersepeda di Kota-Kota Besar, Waspada Walau Tidak Ngebut!

Ilustrasi Bersepeda. Sumber: Inovasee

Bersepeda memang menyenangkan, apalagi kalau sudah bareng-bareng sama teman tentu kesenangannya ini akan naik berlipat ganda. Nah, tidak hanya untuk touring ke daerah-daerah saja, tidak sedikit warga Ibukota yang menggunakan sepeda untuk pergi ke tempatnya bekerja – dengan berbagai latar belakang yang mendasari niatnya bersepeda.

Baca Juga: CatEyeSYNC, Solusi Bagi Anda yang Gemar Bersepeda di Malam Hari

Tidak bisa dipungkiri, selain menyehatkan tubuh, dengan bersepeda kita juga telah berpartisipasi langsung dalam hal memerangi polusi udara. Tapi, ada beberapa poin dasar nih yang harus diperhatikan ketika bersepeda. Berikut KabarPenumpang.com himpun 5 tips aman bersepeda, dikutip dari laman bicyclingaustralia.com.au.

Tetap Terlihat
Kehadiran beragam lampu di sepeda Anda akan memegang peranan penting ketika Anda bersepeda pada malam hari. Untuk poin ini, Anda bisa menambahkan rear lights untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan yang berada di belakang Anda. Sedangkan untuk bagian depan, Anda bisa menggunakan front light yang juga berperan sebagai sumber penerangan Anda di malam hari.

Kenakan Baju Cerah
Selain dapat meminimalisir panas ketika siang hari (baju hitam dipercaya lebih cepat menyerap panas), dengan menggunakan pakaian berwarna cerah juga dapat membantu para pengguna jalan lain untuk menyadari kehadiran Anda sebagai pesepeda di depannya.

Tetap Berhati-Hati
Selain harus tetap berhati-hati pada kendaraan lain, Anda juga harus awas terhadap jalan yang hendak Anda lewati. Ketika Anda terpaksa melintasi jalanan yang terkenal rawan, ada baiknya Anda harus meningkatkan kepekaan terhadap sekitar guna menghindari tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

Bagi Anda yang suka bersepeda sembari memakai earphone, pastikan volume berada di level yang sewajarnya – tidak terlalu kencang. Ini akan membantu indera pendengaran Anda lebih awas terhadap sekitar. Selain itu, jangan lupa kenakan helm, alat pengaman lainnya untuk melindungi perjalanan Anda, dan mengatur kecepatan sehingga tidak terlalu ngebut.

Awas Pintu!
Bermasalah dengan pintu kendaraan yang sering dibuka secara tiba-tiba memang sangat menyebalkan bagi para pesepeda. Bayangkan Anda yang tengah bersepeda santai terpaksa harus banting stir karena ada pengemudi mobil yang membuka pintunya secara tiba-tiba – tentu ini akan membahayakan kedua belah pihak! Untuk menghindarinya, Anda bisa mengurangi kecepatan ketika melintasi tempat parkir di pinggir jalan dan sedikit menjauhinya. Di sini, Anda harus mengerahkan fokus sedikit lebih tinggi daripada ketika berjalan di tempat yang relatif sepi.

Baca Juga: Lima Poin ini Siap Ubah Persepsi dan Jadikan Anda Seorang Komuter Sepeda!

Ride Smart!
Khusus untuk di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan lain-lain ada baiknya Anda menghindari peak hours ketika hendak bersepeda. Ini ditujukan agar Anda tidak terjebak macet dengan ratusan pengguna jalan lainnya. Anda bisa start lebih pagi dan pulang sedikit lebih larut agar tidak terjebak macet.