Wednesday, May 25, 2022
HomeDaratKereta Peluru Fuxing Mulai Meluncur untuk Layani Olimpiade dan Paralimpiade Beijing 2022

Kereta Peluru Fuxing Mulai Meluncur untuk Layani Olimpiade dan Paralimpiade Beijing 2022

Cina akhirnya meluncurkan kereta peluru Fuxing dengan kecepatan 350 km per jam. Pada perjalanan perdananya, kereta akan melintas di sepanjang jalur berkecepatan tinggi yang menghubungkan Beijing dengan Zhangjiakou.

Baca juga: Kebut Olimpiade Musim Dingin, Cina Produksi Massal Kereta Cepat Akhir Tahun ini

Kereta berkecepatan tinggi tersebut hadir juga untuk mendukung layanan penumpang yang akan melihat perhelatan Olimpiade Beijing 2022 dan Paralimpiade Musim dingin. Perhelatan dunia tersebut berlangsung dari 21 Januari hingga 16 Maret mendatang.

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman sumber traveldailynews.asia (19/1/2022), kereta peluru Fuxing adalah kereta berkecepatan tinggi pertama di dunia yang memiliki studio siaran langsung 5G. Yang mana nantinya akan menyiarkan setiap konten mengunakan 5G.

Kereta peluru listrik multi unit atau EMU dilengkapi dengan delapan gerbong yang akan mampu menampung lebih dari 560 orang. Bahkan untuk melengkapi Olimpiade Beijing 2022 dan Paralimpiade Musim dingin, salah satu gerbongnya akan menjadi ruang kerja media.

Kereta juga akan mencakup perangkat pembersih udara, loker untuk peralatan ski dan ruang yang dapat diakses kursi roda, serta mendukung Sistem Satelit Navigasi BeiDou. Untuk diketahui, kereta ini saat akan diproduksi diperkirakan akan memiliki kecepatan 400 km per jam.

Diproduksi secara massal di akhir tahun 2019, kereta ini akan digunakan untuk melayani Olimpiade Musim Dingin Beijing. Sebagaimana yang sudah menjadi rahasia umum, Cina selalu menggunakan produksian dalam negeri mereka untuk memberikan layanan kepada masyarakatnya.

Baca juga: Terbebas dari Status Skors, Kereta Peluru Cina Siap Mengular Kembali

Tidak jauh berbeda dengan kasus kereta cepat ini, mereka juga menggunakan karya dalam negeri dari produsen kereta yang berbasis di Jilin. Dan untuk pertama kalinya, produsen kereta ini akan mengaplikasikan BeiDou Satellite Navigation System yang dipercaya akan memberikan impresi yang mengesankan yakni embel-embel ‘pintar’ yang tersemat dibalik nama kereta tersebut.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular