Kereta Trans-Siberia Berhenti Beroperasi, Presiden Rusia Vladimir Putin Turun Tangan

0
Sumber: World Atlas

Jalur kereta api Trans-Siberia harus berhenti pengoperasiannya setelah jembatan runtuh di sebelah timur Danau Baikal. Runtuhnya jembatan tersebut terjadi pada Jumat (23/7/2021) di dekat Nizhnyanya Kuenga di Trans-Baikal di sebelah timur Danau Baikal.

Baca juga: Trans-Siberia, Kereta Yang Mengubah Takdir Cinta

Karena insiden ini maka banyak kereta api yang ditutup perjalanannya di sepanjang jalur rel 5.772 mil atau sekitar 9.289 km yang membentang tujuh zona waktu di seluruh Rusia. Dilansir KabarPenumpang.com dari illinoisnewstoday.com (26/7/2021), jalur kereta api terpanjang di dunia ini membentang dari Moskow ke Pelabuhan Pasifik Vladivostok.

Untungnya ketika jembatan runtuh, tidak ada penumpang yang terluka. Insiden runtuhnya jembatan kereta api tersebut diketahui karena hujan lebat yang melanda daerah tersebut. Hal ini kemudian membuat Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak para pejabat untuk memulihkan layanan kereta api secepat mungkin setelah tersebut.

Setelah desakan itu, Putin melaporkan bahwa pihak berwenang telah berjanji untuk mengaktifkan kembali kereta api di beberapa jalur dalam waktu dua setengah hari. Sementara jalur kedua akan kembali beroperasi dalam lima hari.

Bahkan Presiden Rusia itu juga menginstruksikan para pejabat untuk langkah-langkah mendesak untuk memastikan pasokan makanan dan barang-barang penting lainnya tidak terputus ke daerah-daerah yang terkena gangguan. Putin juga memberi tahu pihak berwenang untuk tidak mencolok ketika memastikan pasokan kebutuhan pokok.

Untuk diketahui, kereta api Trans-Siberia melintasi tujuh zona waktu dan membutuhkan delapan hari untuk menyelesaikan perjalanannya. Jalur ini adalah jalur tunggal terpanjang ketiga dunia setelah Moskwa-Pyongyang dan Kiev-Vladivostok yang keduanya juga menggunakan rute Trans-Siberia.

Baca juga: Kim Jong Un Mulai Membuka Diri, Jalur Kereta Trans Siberia Diharapkan Bisa Berakhir di Seoul

Rute utama jalur kereta api Trans-Siberia berawal dari Moskow melewati Yoroslavl, Chelyabinsk, Omsk, Novosibirsk, Irkutsk, Ulan-Ude, Chita dan Khabarovsk ke Vladivostok via Siberia Selatan.