Kompak! Penumpang di Stasiun Nijo Bahu Membahu Bantu Penumpang yang Jatuh ke Lintasan

Sumber: japantoday.com

Sebagai tulang punggung transportasi di Jepang, sudah seyogyanya jika jaringan kereta api di sana selalu dipadati oleh para penumpang yang hendak melakukan mobilisasi. Nah, terutama ketika peak hours melanda, situasi crowded nampaknya sudah menjadi pemandangan yang lumrah di setiap statiun. Bukan tidak mungkin jika dalam situasi semacam ini, ada saja kecelakaan yang menimpa penumpang. Seperti yang terjadi di salah satu stasiun di Kyoto, dimana seorang penumpang dikabarkan jatuh ke lintasan kereta sesaat sebelum kereta melintas. Duh!

Baca Juga: Ekinaka, Booth Working Space untuk Pekerja Mobile di Stasiun Kereta Jepang

KabarPenumpang.com mengutip dari laman japantoday.com, pada tanggal 18 Februari 2019 lalu, sekira pukul 18.15 waktu setempat, seorang penumpang dikabarkan jatuh dari peron ke lintasan kereta tanpa diketahui dengan pasti penyebab jatuhnya. Kejadian yang sempat memicu degup jantung setiap orang yang melihatnya secara langsung ini sendiri terjadi di Stasiun Nijo, sebuah stasiun yang menjadi bagian dari San’in Main Line (Sagano Line).

Beruntung, komuter lain yang berada di sekitaran lokasi kejadian langsung dengan sigap membantunya dengan cara memberikan kode kepada kereta api yang sebentar lagi akan melintas. Para calon penumpang ini melambaikan tangan mereka ke arah kereta sebagai penanda agar kereta menghentikan lajunya. Tidak hanya melambaikan tangan ke arah kereta saja, beberapa dari para calon penumpang ini malah berlari menuju tombol darurat dan menekannya.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang sudah membantu kereta menghentikan lajunya ketika ada seorang komuter yang jatuh ke lintasan,” ujar Kepala Stasiun Nijo.

“Tidak hanya itu, kami juga hendak berterima kasih kepada siapa saja yang telah membantu memberikan pertolongan pertama kepada korban ketika dirinya sudah berhasil dievakuasi menuju tempat yang aman,” tandasnya.

Sempat disinggung oleh Kepala Stasiun Nijo, tombol darurat ini berfungsi semisal ada situasi dimana kereta harus berhenti secara tiba-tiba.

Kejadian ini sontak menjadi viral di Jepang setelah beberapa penumpang yang melihat kejadian tersebut mengunggah status di berbagai platform sosial media. Dan sudah pasti, tindakan heroik para penumpang yang membantu menghentikan kereta mendapat apresiasi dari warganet.

Baca Juga: Di Jepang, Bisa Makan Mie Gratis Asalkan Datang ke Stasiun Lebih Awal!

“Di saat darurat, kita harus berusaha untuk tidak panik atau gengsi untuk membantu. Cukup tekan tombol berhenti darurat. Bahkan ketika kereta ditunda, kita harus memikirkan jika kita berada di posisi itu (korban), dan berusaha untuk tidak kesal,” ujar salah satu warganet.

“Itu cerita yang bagus. Itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah,” tandas yang lainnya mengomentari.