Kuping Berdengung Saat Take Off? Jangan Panik dan Pahami Penyebabnya

0

Pernah merasakan dengungan di telinga saat naik pesawat? Sebagian dari Anda kemungkinan pernah mengalaminya. Hal ini memang sering terjadi saat pesawat akan take off ataupun selama perjalanan di dalam pesawat. Dengungan yang anda rasakan biasa disebut Okulasi Tuba atau adanya penyumbatan yang terjadi di saluran tuba yang berada di dalam telinga.

Saluran ini biasanya menyeimbangkan tekanan udara di telinga tengah dan tekanan udara di luar. Biasanya bila terjadinya perbedaan tekanan udara, maka saluran ini akan membuka dan membiarkan udara masuk ke telinga tengah sehingga tekanan menjadi seimbang.
Bila muncul dengungan di telinga, Anda akan merespons dengan menelan ludah sehingga pendengaran menjadi normal kembali. Hal ini biasanya biasanya direspon orang yang berkondisi normal. Sebaliknya jika Anda dalam keadaan sakit seperti flu atau pilek, maka akan lebih sulit untuk menyeimbangkan tekanan tersebut.

Untuk solusi terjadinya dengung, selain menelan ludah, seseorang juga bisa memakan permen. Karena sembari kita memakan permen, ludah yang dihasilkan akan tertelan. Untuk yang terkena penyakit flu/pilek dapat menggunakan obat tetes telinga sebelum berangkat.
Selain makan permen atau menelan ludah, menggunakan tisu dan air hangat dipercaya juga bisa mengurangi efek dengung. Namun bila sulit di dapat, Anda bisa mengganti dengan menutup hidung dan menghembuskan nafas perlahan-lahan. Penggunaan ear plug juga bisa membantu mengurangi dengungan yang terjadi. Yang terakhir, biasanya faktor alam dari diri sendiri, dengan dinginnya AC dalam kabin pesawat membuat Anda mengantuk dan otomatis akan menguap. Karena menguap bisa menghilangkan dengungan di telinga.

Bila dengungan masih terjadi dan terasa sakit saat sudah turun dari pesawat, Anda bisa meneteskan air hangat kedalam telinga dan tunggu beberapa saat atau minum obat sakit kepala untuk meredakan sakit akibat dari dengungan tersebut

Leave a Reply