Lawan Corona, Boeing Gandeng Trelleborg Produksi Alat Pelindung Wajah dengan Printer 3D

0
Desain alat pelindung wajah besutan Boeing dan Trelleborg. Foto: Twitter @TrelleborgSeals

Raksasa produsen pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, dilaporkan resmi menggandeng salah satu penyedia seals terkemuka di dunia, Trelleborg, untuk memasok komponen alat pelindung wajah. Nantinya, komponen tersebut akan digabungkan dengan kaca atau visor pelindung wajah cetak 3D buatan Boeing untuk didistribusikan ke petugas medis, sebagai garda terdepan dalam perang melawan Covid-19.

Baca juga: Akibat Corona, Boeing dan Airbus Bahas Merger untuk Selamatkan Bisnis

Dikutip dari tss.trelleborg.com, Boeing disebut sudah mulai merayu Trelleborg untuk bergabung dalam proyek alat pelindung wajah ini sejak akhir Maret lalu. Dalam proyek tersebut, Trelleborg diplot untuk mensupport tali elastomer untuk mengaitkan alat pelindung wajah di kepala.

Guna mempercepat proses produksi, Trelleborg Sealing Solutions telah mendedikasikan fasilitas aerospacenya di Northborough, Massachusetts, untuk disulap dalam kurun waktu dua hari menjadi fasilitas produksi komponen tersebut. Fasilitas produksi itu ditargetkan bakal memproduksi hingga 5.000 seals atau tali per pekan.

Tali elastomer buatan Trelleborg. Foto: Twitter @TrelleborgSeals

“Dalam masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, sangat penting setiap orang memainkan peran yang mungkin tidak sejalan dengan yang biasa mereka lakukan. Kami beruntung menerima kepercayaan dari Boeing untuk mendukung upaya ini (produksi alat pelindung wajah) dan memanfaatkan keahlian Trelleborg untuk mempercepat terwujudnya kebutuhan tersebut,” kata Quinn Collett, manajer air frame Trelleborg Sealing Solutions Aerospace.

Boeing sendiri berencana untuk memproduksi pelindung wajah tersebut dengan menggunakan additive manufacturing machines (mesin cetak 3D) di berbagai lokasi di seluruh AS. Dalam pelaksanaannya, Boeing juga telah bekerja sama dengan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA). Nantinya, FEMA akan menentukan wilayah mana saja yang paling membutuhkan pelindung wajah untuk bisa segera didistribusikan.

Serupa dengan Boeing, Airbus sudah lebih dahulu merambah pasar tersebut. Melalui fasilitas pencetakan 3D di Spanyol, kompetitor terberat Boeing itu mulai memproduksi visor pelindung (APD) pada awal April lalu untuk berbagai rumah sakit sebagai respons terhadap pandemi virus corona. Juru bicara Airbus mengatakan, saat ini, fasilitas pencetakan tersebut sudah menghasilkan ratusan visor dengan menggunakan lebih dari dua puluh printer 3D. Peralatan tersebut umumnya didistribusikan ke rumah sakit di dekat fasilitas perakitan Airbus di Spanyol.

Baca juga: Tanggap Wabah Corona, Airbus Produksi Visor APD dengan Printer 3D

“Semalam, kami telah beralih dari membuat konsep ruang angkasa menjadi peralatan medis. Ini benar-benar membuat perbedaan dalam perang melawan pandemi Covid-19 dan saya tidak bisa berbangga diri melihat tim kami yang bekerja siang dan malam di proyek Airbus ini,” ungkap kepala Airbus Protospace, Alvaro Jara, seperti dikutip dari avweb.com.

Akan tetapi, visor bukanlah satu-satunya kontribusi Airbus dalam membantu Eropa memerangi penyebaran virus corona. Sebelumnya, perusahaan patungan antara Jerman, Perancis, dan Spanyol tersebut juga telah berkomitmen untuk memproduksi ventilator. Ventilator tersebut nantinya akan diserahkan ke berbagai rumah sakit di Inggris. Lewat sebuah konsorsium yang dikomandoinya, bersama perusahaan teknologi ternama di Negeri Ratu Elizabeth tersebut, Dyson, Airbus dilaporkan akan segera memproduksi 30 ribu ventilator.

Leave a Reply