Liburan Telah Tiba, Jangan Lupa Amankan Ponsel Pintar Anda!

0

Pergi liburan untuk menikmati keindahan alam atau memberi hadiah pada diri sendiri menjadi salah satu yang diperlukan. Selain bisa me-refresh pikiran, suasana baru juga membawa keceriaan baru. Selain itu, ketika menikmati liburan, berbagai perangkat seperti ponsel pintar pasti akan selalu ada dalam genggaman untuk mengabadikan setiap momennya.

Baca juga: Bandara San Diego, Jadi Bandara di AS yang Paling Rentan Terserang Peretas WiFi Gratis

Namun, Anda juga harus berhati-hati dan selalu menjaga semua barang bawaan selain surat-surat perjalanan, ponsel pintar pun harus aman. KabarPenumpang.com melansir dari laman abc7chicago.com (25/12/2019), berikut ini ada beberapa tips menjaga keamanan ponsel pintar menurut Chicago security firm Trustwave.

1. Jika menggunakan iPhone, pastikan mengaktifkan fitur Find My iPhone dan di ponsel lainnya pelacakan lokasi agar diaktifkan. Itu semua akan memudahkan Anda ketika ponsel hilang.

2. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunduh aplikasi Virtual Private Network. Ini merupakan perangkat yang bisa melindungi Anda jika menggunakan koneksi WiFi yang tidak dipercaya atau terbuka untuk publik.

3. Anda bisa menonaktifkan pemberitahuan atau akses ke kontrol saat perangkat terkunci. Sehingga bila ponsel hilang, makan tidak akan bisa masuk ke perangkat jika mereka menemukannya.

4. Pastikan ponsel menggunakan kode sandi, ID wajah diaktifkan serta sidik jari diaktifkan. Periksa juga fitur kunci otomatis dengan mengubah dari satu menit menjadi 30 detik.

5. Jangan tinggalkan barang elektronik di kamar hotel dan pastikan simpan barang berharga di brankas ketika keluar dari kamar. Selain itu letakkan tanda jangan ganggu di depan pintu bila meninggalkan sesuatu di kamar.

Trustwave juga mengatakan, para peretas bisa melihat jaringan WiFi hotel dan melihat nama serta nomor kamar Anda. Hal ini memungkinkan mereka menggunakan informasi tersebut dan pergi ke lobby hotel untuk mendapatkan kunci lain.

Baca juga: Pastikan Akses Free WiFi di Bandara Aman dari Peretasan, Tips Ini Layak Anda Perhatikan!

Sehingga untuk menghindari hal ini, baiknya beri tahu petugas hotel di meja lobby untuk tidak membagikan kunci. Selain itu jangan lupa matikan WiFi untuk melindungi dari peretas di prowl. Para ahli menambahkan, menonaktifkan fitur nirkabel pada perangkat yang tertinggal saat bepergian juga bisa menjaga keamanan Anda.

Leave a Reply