Manipur Masuk dalam India Railway Map, Pejabat: Ini Momen Bersejarah

0
Rajdhani Express berangkat dari Silchar Assam menuju Stasiun Vaingaichunpao Manipur

Sebuah momen sejarah bagi masyarakat Manipur saat negara bagian itu muncul di peta kereta api India atau Indian Railway Map. Munculnya Manipur dalam Indian Railway Map terlihat dari sebuah kereta penumpang Rajdhani Express yang berangkat dari Stasiun Silchar Assam dan tiba di Stasiun Vaingaichunpao.

Baca juga: Rajdhani Express Kembali Beroperasi, Indian Railways: Tidak Ada Selimut dan Makanan

Kereta ini melakukan uji coba pada 2 Juli 2021 kemarin menempuh jarak sebelas kilometer dengan mengangkut pejabat di dalamnya. Menteri Perkeretaapian Piyush Goyal mentweet, “Meningkatkan Konektivitas di Timur Laut: Uji coba kereta penumpang dari Silchar di Assam ke Vangaichungpao di distrik Tamenglong Manipur berhasil diselesaikan baru-baru ini. Ini akan memastikan konektivitas yang lebih baik antara Manipur & Assam dan menyediakan kemudahan perjalanan bagi penumpang.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman timesofindia.indiatimes.com (11/7/2021), ini juga diakui oleh Ketua Menteri Manipur N Biren Singh dan Menteri Persatuan Dr. Jitendra Singh menyebutnya sebagai ‘momen bersejarah‘ dalam tweet yang mereka bagikan. Biren Singh menambahkan bahwa masyarakat Manipur sangat berterima kasih kepada Perdana Menteri Narendra Modi.

Dari sebuah laporan mengatakan bila penduduk setempat menyambut petugas kereta api di Stasiun Jiribam tempat kereta berhenti. Di mana mereka juga mengibarkan bendera nasional serta menyanyikan lagi kebangsaan. Untuk diketahui penumpang yang naik dari Silchar dan tiba di Jiribam adalah petugas perkeretaapian termasuk senior perkeretaapian North-East Frontier (NF) PRO Nripen Bhattacharya, dan CDO Silchar Abdul Hakim.


Jitendra Singh juga membagikan klip kereta api dan mengungkapkan bahwa Manipur akhirnya memulai debutnya di peta Kereta Api India.

Saat ini, jalur kereta api Vaingaichunpao โ€“ Imphal sedang dibangun yang akan menghubungkan Ibukota Manipur dengan jaringan Kereta Api India. Diharapkan pekerjaan pada jalur kereta api yang penting ini akan selesai pada Maret 2022.

Baca juga: Pertama Kalinya dalam Sejarah, Layanan Kereta di India Mampu โ€˜On Timeโ€™ 100 Persen

Nantinya setelah selesai rute tersebut dibangun, maka jalur Vaingaichunpao dan Imphal akan menjadi terowongan kereta api terpanjang dekat Imphal yang adalah ibukota Manipur.

LEAVE A REPLY