Mau Tahu Seberapa Tebal Dinding Pesawat? Cek Jawabannya di Sini!

Sumber: quora

Guna mengasilkan daya angkat yang maksimal, selain pesawat dibekali mesin yang kuat, material badan pesawat pun harus dibuat seringan mungkin. Nah, yang disebut terakhir, ringan, menjadi momok tersendiri dalam benak masyarakat. Ringan identik dengan tipis, dan kemudian yang menjadi pertanyaan, seberapa tebal sih dinding pada pesawat? Yang memisahkan antara ruang kabin Anda dengan udara di luar.

Baca Juga: Dielukan dan Selalu Dicari, Inilah Serba Serbi Low Cost Carrier

Pertanyaan ini menjalar semakin liar, mengingat dua material utama pembentuk badan pesawat ini adalah besi dan material komposit. Selain itu, dinding pesawat yang sejatinya membatasi manusia dengan angkasa luas ini juga terdiri dari beberapa lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing. Sebut saja ada lapisan yang bisa ‘mengunci udara’ di dalam kabin, lapisan yang bisa meredam bisingnya suara jet, hingga lapisan yang bisa menjaga temperatur di dalam kabin.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, KabarPenumpang.com mengutip dari laman Quora.com, dimana salah seorang analis menjawab rata-rata ketebalan dari dinding pesawat yang memisahkan Anda dengan angkasa luar ketika tengah mengudara hanyalah berkisar enam inci atau yang setara dengan 15,24 centimeter saja. Ketebalan tersebut sudah mencakup keseluruhan lapisan yang tadi disebutkan diatas.

Kendati tidak keseluruhan pesawat memiliki ketebalan dinding yang sama – ada yang lebih tebal, ada yang lebih tipis, namun di sini Anda akan terkagum-kagum mengingat Anda hanya dilindungi oleh besi dan material komposit yang tebalnya kurang dari 20 centimeter selama berada di udara! Keren, bukan?

Baca Juga: Mengenal Serba Serbi dan Peran Air Traffic Controller

Selain itu, pria yang bernama Tim Yarrow ini juga mengatakan bahwa kabel-kabel dan saluran yang ‘menjembatani’ masing-masing fungsi di dalam ruang kabin terpasang pada bagian langit-langit fuselage. Kembali lagi, penjelasan dari Tim tadi bukanlah sesuatu yang mutlak sama di setiap pesawat. Dalam kasus ini, tim mengambil contoh dari pesawat terbaru dari Airbus, A321.

Wah, apakah sekarang pertanyaan Anda terkait ketebalan dinding pesawat sudah terjawab?