MTR Hong Kong Siap Adopsi Integrated Speed and Position Supervision System Tahun Depan

MTR Hong Kong. Sumber: KKday Blog

Perusahaan pengelola kereta komuter di Hong Kong, MTR Corporation Limited, telah mulai menguji coba Integrated Speed and Position Supervision System (iSPS) baru, yang memungkinkan pemantauan kecepatan Light Rail Vehicles (LRV) secara real-time. Sistem ini dikembangkan guna meningkatkan keselamatan operasional LRV, dan rencananya dalam waktu dekat ini perusahaan akan menguji coba iSPS di tiga jalur LRV Tin Shui Wai.

Baca Juga: Alipay Siap Ganti Sistem Pembayaran MTR Hong Kong dengan Scan QR Code

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (30/11/2018), sistem ini dirancang oleh para insinyur MTR Hong Kong dengan menggabungkan teknologi Global Positioning System (GPS) dan Radio Frequency Identification (RFID). Selama beroperasi, iSPS akan mengirimkan koordinat dari LRV ke pusat kendali dengan memanfaatkan receiver GPS dan RFID reader, serta tag RFID yang dipasang di sepanjang area lintasan.

Dengan kata lain, ini akan menggunakan jaringan komunikasi mobile untuk menyampaikan informasi secara real-time. Tahun lalu, MTR Hong Kong telah menerima hak paten untuk penggunaan sistem iSPS ini dari Intellectual Property Department Pemerintahan SAR Hong Kong.

“Kami telah bekerja keras untuk meningkatkan kinerja keselamatan. Sistem iSPS ini akan membantu meningkatkan tidak hanya efisiensi operasi LR tetapi juga kewaspadaan masinis,” ujar salah satu pihak MTR Hong Kong.

“Kami juga akan terus mengeksplorasi langkah-langkah lain yang mampu meningkatkan kesadaran publik tentang keselamatan kereta api,” imbuhnya.

Sedangkan menurut Kepala operasi MTR Wilayah Barat Cheung Chi-keung, pihaknya selama ini telah melayani lebih dari 500.000 perjalanan penumpang per hari di Tuen Mun, Yuen Long, dan Tin Shui Wai, “dimana LRV berjalan di beberapa bagian jalur yang dibagi dengan pengguna jalan lainnya,”

Baca Juga: Melancong ke Hong Kong? Jangan Lupa Octopus Card

Selain mampu untuk menyediakan kecepatan dan posisi kereta api secara real-time, sistem iSPS juga digadang-gadang dapat digunakan untuk mengingatkan masinis kereta untuk menjalankan beberapa tugas platform, serta mengeluarkan pemberitahuan lain saat melewati persimpangan atau kelokan tertentu.

Pihak MTR Hong Kong sendiri berencana untuk memperkenalkan sistem iSPS ini di seluruh jaringan LRV secara progresif pada kuartal kedua tahun 2019 mendatang.