Mulai 1 Maret 2019, Sriwijaya Air Lakukan Penyesuaian Ketentuan Bagasi Gratis Penumpang

Sumber: istimewa

Sriwijaya Air kini ikut ambil bagian dalam penyesuaian jumlah bagasi gratis bagi para penumpangnya. Penyesuaian itu tertuang dalam surat pemberitahuan dari internal maskapai tersebut terkait penyesuaian bagasi gratis yang akan diberikan.

Baca juga: Kadung Bawa Bagasi ‘Dadakan’ Pasca Penghapusan Free Baggage, Ini Regulasi Ala Citilink!

Aturan baru penyesuaian bagasi maskapai Sriwijaya Air akan mulai berlaku tanggal 1 Maret 2019 mendatang. Adapun penyesuaian bagasi tersebut bukan peniadaan bagasi gratis melainkan pengurangan bobot barang yang dibawa penumpang yakni untuk kelas eksekutif 25 kg, ekonomi dari 20 kg menjadi 15 kg serta ATR dari 15 kg menjadi sepuluh kilogram.

“Aturan ini hanya berlaku untuk bagasi sedangkan barang yang dibawa ke kabin tidak ada perubahan. Kami tetap menerapkan aturan yang kompetitif,” ujar Distrik Manajer Sriwijaya Area Batam Dedi Zulkarnain yang dikutip KabarPenumpang.com dari tribunnews.com, Selasa (19/2/2019).

Dia mengatakan, meski begitu maskapai Sriwijaya Air tetap menyediakan prepaid baggage yang dilakukan di kantor penjualan Sriwijaya Air, travel agen hingga di website. Pembelian prepaid bagasi sendiri bisa dilakukan sebelum dan sesudah tiket issued atau tersebut hingga empat jam sebelum waktu keberangkatan pesawat.

Hal ini pula dibenarkan oleh Direktur Badan Usaha Bandara Hang Nadim Suwarso. Penyesuaian jumlah bagasi gratis sendiri sebelumnya sudah dilakukan maskapai terbesar yakni Lion Air dengan mengurangi jumlah bagasi penumpang. Tetapi pada Januari 2019, maskapai tersebut menghilangkan bagasi gratis dan hanya memberikan barang yang dibawa ke dalam kabin secara gratis dengan berat maksimal tujuh kilogram.

Pemberlakuan peniadaan bagasi gratis dilaksanakan maskapai berlambang singa tersebut sejak 22 Januari 2019 kemarin. Tak hanya itu, anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink juga akan melakukan peniadaan bagasi gratis bagi penumpangnya dan tertunda.

Baca juga: Ikuti Jejak Lion Air Hilangkan Bagasi Gratis, Citilink Siapkan Sosialisasi

Sebelumnya maskapai hijau tersebut akan memberlakukan pada 8 Februari 2018 kemarin, namun hal itu ditunda karena akan dilakukan kajian atau evaluasi terhadap semua aturan mulai dari PM 14/2016 sampai PM 185/2015. Meski nantinya peraturan tersebut dimulai, bagi penumpang yang terdaftar menjadi Supergreen atau yang memiliki garuda miles dan melakukan pembelian melalui website serta aplikasi akan mendapat bagasi gratis sepuluh kilogram.