Mulai 8 April, Malaysia Airlines Hapus Bagasi Gratis Bagi Penumpang Kelas Economy Lite

(Escape)

Maskapai terbesar di Indonesia, Lion Air mulai menghilangkan bagasi gratis untuk penumpang sejak akhir Januari 2019 kemarin. Hal ini kemudian mulai diikuti beberapa maskapai berbiaya hemat lainnya seperti Citilink, namun belum jadi dilaksanakan.

Baca juga: Bagasi Cuma-cuma Hilang dari Penerbangan Domestik Lion Air, Bagaimana Reaksi Penumpang?

Bagasi gratis yang dihilangkan, berada di penerbangan domestik sedangkan penerbangan internasional masih tetap diberikan cuma-cuma. Meski begitu Lion Air masih memberikan bagasi untuk tas jinjing seberat tujuh kilogram dan lebihnya penumpang akan dikenakan biaya per lima kilogramnya bila masuk dalam bagasi kargo.

Ternyata, tak hanya di Indonesia saja, negara sahabat yakni Malaysia pun maskapainya mulai menerapkan bagasi berbayar untuk penumpang kelas ekonomi terendah mereka. Maskapai tersebut adalah Malaysia Airlines dimana mulai pemesanan per 8 April 2019 kemarin, penumpang tidak akan mendapatkan bagasi gratis lagi.

Dilansir KabarPenumpang.com dari malaymail.com (9/4/2019), Malaysia Airlines mengungkapkan, bahwa ongkos kelas “Economy Lite” atau yang terendah tidak akan memberikan bagasi gratis saat check in di penerbangan domestiknya. Jika penumpang ingin membawa bagasi, baiknya pilih kelas “Economy Basic” yang masih memberikan 20 kg bagasi atau “Economy Flexi” dengan 25 kg.

Bagi penumpang yang merupakan anggota dari Malaysia Airlines akan mendapatkan tambahan sebagai anggota dengan miles silver lima kilogram, gold sepuluh kilogram dan platinum 15 kg. Malaysia Airlines menyebutkan, pihaknya tetap memberikan bagasi tujuh kilogram untuk barang bawaan yang dijinjing untuk diletakkan di kabin.

Selain itu, penumpang juga tidak bisa mendapatkan diskon anak dan tidak ada pilihan opsi untuk mengupgrade kuris menggunakan Enrich Miles bila memilih kelas “Economy Lite”. Meski begitu, maskapai milik Malaysia ini masih memberikan bagasi gratis 20 kg di penerbangan internasionalnya meski tiket promo ekonomi.

Jika Anda membutuhkan bagasi lebih, bisa memilih “Economy Basic” dengan bagasi 25kg dan “Economy Smart” di 30kg. Penghilangan bagasi gratis di penerbangan domestik kelas “Economy Lite” ini akan memengaruhi pemesanan yang dilakukan mulai 8 April 2019 dan seterusnya.

Ini berarti, jika Anda telah memesan tiket lebih awal, penumpang akan tetap mendapatkan jatah bagasi gratis. Untuk penerbangan ke Madina dan Jeddah, bagasi gratis Kelas Ekonomi masih 30 kg di semua kelas Economy Fare.

Sebelumnya jatah bagasi gratis terakhir oleh Malaysia Airlines yang diketahui adalah pada Agustus 2018. Pada saat itu, dikatakan bahwa jatah bagasi domestik gratis berkurang dari 30 kg menjadi 20 kg.

Baca juga: Ikuti Jejak Lion Air Hilangkan Bagasi Gratis, Citilink Siapkan Sosialisasi

Selain Malaysia Airlines, Malindo juga merevisi jatah bagasi gratisnya. Ongkos termurah juga tidak termasuk dengan tunjangan check in gratis dan sebagai hasilnya, Anda bahkan dapat membayar lebih untuk barang bawaan Anda daripada kursi Anda di pesawat.