Penumpang yang Bayar Tiket KA Pangandaran Bandung-Banjar, Uang Akan Kembali 100 Persen Selama Promo

Sumber: poskotanews.com

Kehadiran kereta api Pangandaran yang baru saja mengular di jalur Jakarta-Banjar ini sempat membuat heboh penggunanya. Pasalnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan tarif promo dari Bandung menuju Banjar atau sebaliknya Rp1, tetapi di situs pembelian online harga yang tertera Rp1000. Sehingga, PT KAI akhirnya melakukan konfirmasi terkait hal tersebut.

Baca juga: KA Pangandaran Beroperasi, Kini Jakarta-Banjar Jadi Lebih Mudah

Vice President Public Relation PT KAI Agus Komarudin mengatakan, persoalan ini ada di maintenance parameter ticketing sistem KAI. Dia menambahkan, PT KAI tetap menggratiskan tiket KA Pangandaran relasi Bandung-Banjar PP selama masa promosi dari tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. KAI tetap berkomitmen memberikan layanan gratis KA Pangandaran rute Bandung-Banjar,” yang dikutip KabarPenumpang.com dari tempo.co (3/1/2019).

Dari penjelasan tertulis PT KAI, penumpang yang membeli tiket melalui aplikasi diminta tetap mengikuti pembayaran tarif yang muncul pada sistem pembelian online. Nominal Rp1000 akan muncul dalam keterangan tarif baik itu kelas eksekutif maupun ekonomi premium di KAI Access, situs KAI dan saluran eksternal lainnya.

Kemudian, uang yang dibayarkan tersebut akan diganti secara tunai 100 persen di stasiun tempat penumpang berhenti. Untuk penumpang yang membeli tiket di loket stasiun, maka tidak membayar sepeserpun selama masa promo dan hanya menunjukkan kartu tanda pengenal saat boarding.

PT KAI sudah menyiapkan rentang tarif untuk Kereta Pangandaran setelah masa promo tersebut. Yakni untuk kelas eksekutif di antara Rp150 ribu sampa Rp520 ribu, untuk kelas ekonomi premium Rp100 ribu sampai Rp330 ribu. Manager Humas PT KAI, Daerah Operasi II Bandung, Joni Martinus mengatakan, khusus tarif Rp1 itu untuk menyiasati pembelian online tiket kereta api lewat penyedia layanan aplikasi penjualan tiket.

Baca juga: KA Galunggung Rute Kiaracondong-Tasikmalaya Mulai Beroperasi

“Supaya masyarakat tidak harus antre ke stasiun maka mereka diberikan pilihan membeli lewat aplikasi seperti traveloka. Tapi transaksi di sana tidak bisa Rp0, harus ada nilainya, makanya Rp1,” kata dia.

KA Pangandaran akan berangkat dari Gambir pukul 07.50 pagi dan tiba pukul 15.56, sedangkan dari Banjar berangkat pukul 13.55 dan tiba di Gambir 22.35. Pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan mulai H-30 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, Loket Stasiun, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Tiket Promo KA Pangandaran ini tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal, digabungkan dengan reduksi/promo lainnya, dan hanya dilayani jika tempat duduk masih tersedia.