PT Angkasa Pura I Berangkatkan 2520 Pemudik Gratis

Sebanyak 2520 pemudik diberangkatkan secara gratis melalui program BUMN Mudik Bareng Tahun 2019 yang diselenggarakan PT Angkasa Pura I (AP I). Keberangkatan peserta mudik bareng yang dilaksanakan AP I tersebut dilepas oleh Direktur Utama AP I Faik Fahmi dari Lapangan Parkir Rusunami Kemayoran, Jumat (31/5/2019).

Baca juga: Mau Mudik? Anda Bisa Gunakan BPJS Kesehatan di Kampung Halaman

“Total ada sebanyak 2.481 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 62 unit bus pada hari ini. Para pemudik diberangkatkan menuju 6 kota, yaitu Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Wonosobo, Bobotsari, dan Surabaya. Sebelumnya pada tanggal 30 Mei 2019 kami juga telah melepas sebanyak 39 pemudik dengan menggunakan 1 unit bus menuju Semarang bersamaan dengan Pelepasan Mudik Bareng 2019 yang dilaksanakan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta,” ujar Faik Fahmi yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers, Jumat (31/5/2019).

Selama diperjalanan, para pemudik juga dibekali oleh paket makanan ringan, obat-obatan, kaos, souvenir dan asuransi jiwa untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pemudik selama perjalanan menuju kampung halaman. AP I juga mensyaratkan kondisi bus yang mengangkut pemudik memenuhi aspek kelamatan dengan bus telah lulus rampcheck serta pengemudi telah melalui tes kesehatan dan tes narkoba.

Selain memberangkatkan pemudik dengan menggunakan moda transportasi darat, Angkasa Pura I juga telah memberangkatkan sebanyak seribu pemudik dengan menggunakan kapal Pelni.

“Sebanyak empat pemudik dengan jurusan Makassar-Surabaya telah diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno Hatta-Makassar pada tanggal 27 Mei 2019 dengan menggunakan KM. Labobar dan sebanyak enam ratus pemudik pemudik dengan jurusan Balikpapan-Surabaya telah diberangkatkan pada 30 Mei 2019 melalui Pelabuhan Semayang-Balikpapan menggunakan KM. Dobonsolo,” imbuh Faik Fahmi.

Program BUMN Mudik Bareng 2019 merupakan rangkaian acara Mudik Bareng yang digagas Kementerian BUMN untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dan memenuhi kebutuhan masyarakat ekonomi menengah kebawah untuk mudik ke kampung halaman. BUMN Mudik Bareng 2019 diikuti oleh 104 BUMN atau mengalami peningkatan 67,74 persen dibandingkan Tahun 2018 yang diikuti oleh 62 BUMN. Secara total, Kementerian BUMN beserta perusahaan BUMN lainnya memberangkatkan sebanyak 250.474 pemudik dengan jumlah 3.520 pemudik diberangkatkan oleh AP I. Partisipasi AP I pada penyelenggaraan program ini adalah yang kedua setelah pada tahun 2018 lalu berhasil memberangkatkan sebanyak dua ribu pemudik dengan menggunakan sebanyak 50 bus menuju tiga kota yaitu Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Baca juga: Arahkan Mudik di Siang Hari, PT ASDP Berikan Diskon Tarif di Lintas Merak-Bakauheni

“Melalui BUMN Mudik Bareng bersama Angkasa Pura I ini kami berharap dapat mendukung terciptanya suasana mudik yang aman, lancar, dan kondusif sehingga para pemudik dapat berkumpul bersama keluarganya di kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 2019,” tambah Faik Fahmi.