Sebelum Pandemi Lima Maskapai ini Punya Chef Onboard, Salah Satunya dari Indonesia

0
Koki Onboard Austrian Airlines untuk penumpang kelas satu. Foto; Austrian Airlines

Pada umumnya, seluruh sajian makanan dalam penerbangan maskapai global dibuat di darat. Tetapi, agar lebih terkesan mewah dan berbeda, beberapa maskapai menghadirkan chef onboard atau koki dalam penerbangan.

Baca juga: Era 40 dan 50-an, Jadi Masa Keemasan Sajian Makanan di Kabin Pesawat

Dari ratusan bahkan mungkin ribuan maskapai penerbangan di dunia, setidaknya ada lima maskapai yang sebelum pandemi menyediakan layanan chef onboard. Tetapi, apakah mereka benar-benar memasak layaknya koki di darat?

Agar lebih jelas, seperti dikutip dari One Mile At a Time, berikut daftar lima maskapai yang sediakan layanan chef onboard, sekaligus menjawab apakah in-flight chef memasak di pesawat atau tidak.

1. Austrian Airlines

Maskapai nasional Austria ini disebut menyediakan inflight chef di setiap penerbangan, khususnya rute-rute gemuk. Tetapi, tidak semua penumpang bisa menikmati sajian dari chef ini, melainkan hanya penumpang first class saja.

2. Etihad Airways

Maskapai nasional Uni Emrirat Arab yang berbasis di Abu Dhabi ini terkenal dengan layanan first classnya. Etihad Airways juga menambah kesan premium penumpang first class dengan menghadirkan langsung chef onboard.

Baca juga: Meski Dianggap Tak Sehat, Tapi Inilah 5 Maskapai yang Punya Makanan Terbaik di Seluruh Dunia

Meski begitu, dalam video promosinya, inflight chef Etihad Airways tidak betul-betul memasak di pesawat dengan api besar, asap, dan lain sebagainya. Tetapi, koki tersebut memasaknya di darat dan menatanya di piring, menjadikannya jauh lebih mewah dibanding penumpang kelas ekonomi yang hanya mendapat sajian katering maskapai.

3. Turkish Airlines

Maskapai nasional Turki ini juga tak ketinggalan menghadirkan flying chef dalam penerbangan. Dalam video yang diunggah Just Planes, tak cukup satu, Turkish Airlines menghadirkan langsung dua koki sekaligus untuk melayani penumpang first class mereka. Dalam video tersebut, penerbangan menggunakan Boeing 777. Di penerbangan lain mungkin kondisinya bisa berbeda.

Sama halnya dengan koki di Etihad Airways dan koki dalam penerbangan lainnya, mereka tidak memasak di pesawat, melainkan hanya menatanya saja agar terlihat mewah.

4. Garuda Indonesia

Maskapai nasional Indonesia menjadi salah satu maskapai yang menyediakan chef onboard. Dalam video resmi maskapai, setidaknya ada tiga koki yang melayani penumpang first class. Tetapi, besar kemungkinan ketiganya tidak bekerja di satu penerbangan yang sama.

Baca juga: Inilah 11 Perbedaan Maskapai Penerbangan Era 70-an dengan Sekarang

Berbeda dengan tiga maskapai sebelumnya, chef onboard Garuda Indonesia memasak di pesawat dalam penerbangan. Namun tidak benar-benar memasak menu yang rumit dengan api besar, melainkan hanya memasak telur di oven.

Sisanya, sama saja. Makanan yang sudah di masak di darat dihangatkan, dicampur, diaduk, dan ditata di piring untuk disajikan ke penumpang first class atau mungkin juga business class.

5. SAS Airlines

Scandinavian Airlines System atau disebut juga SAS Airlines juga menyediakan layanan chef dalam penerbangan. Tetapi, sayangnya tak ada official video yang menampilkan langsung hal itu.

Baca juga: Begini Proses ‘Memasak’ Makanan di Pesawat Sampai Dihidangkan ke Penumpang

Sebagai catatan, maskapai lain memang tidak menghadirkan koki onboard. Tetapi, biasanya mereka telah melatih pramugari untuk menjadi koki dalam penerbangan. Pramugari yang ditugaskan menjadi koki juga hanya bekerja di dapur dan menyiapkan makanan untuk penumpang, sama sekali tidak ke kabin.

Selain itu, maskapai besar dan terkenal dengan investasi besar serta mewah di penerbangan seperti Qatar Airways dan Emirates, memang tidak memiliki chef onboard. Tetapi, mereka memiliki katering dan meja makan di pesawat -untuk penumpang first class- yang mengesankan.