Stasiun London Euston Hadirkan Pengumuman dengan Bahasa Isyarat

0

Stasiun di Inggris sepertinya memberikan kemudahan kepada para tuna netra, tuna rungu dan penyandang disabilitas lainnya. Bahkan belim lama ini London Euston menjadi stasiun kereta Inggris pertama yang meluncurkan pengumuman menggunakan Bahasa Isyarat Inggris.

Baca juga: Di Inggris, Penyandang Tuna Netra dan Tuna Rungu Semakin Terancam di Moda Kereta Komuter

Nantinya akan ada sepuluh layar sentuh telah dipasang di Stasiun London Euston yang menawarkan informasi penumpang terbaru menggunakan Bahasa Isyarat Inggris. KabarPenumpang.com melansir globalrailwayreview.com (7/6/2021), layanan pengumuman Bahasa Isyarat Inggris ini pertama pada 2 Juni 2021 yang dikelola oleh Network Rail.

Selain itu, akan ada penambahan sepuluh layar lainnya yang akan dipasang akhir tahun 2021. Tak hanya itu, layar besar tambahan juga akan segera diluncurkan di samping papan kedatangan dan keberangkatan di concourse utama.

Sehingga secara keseluruhan Network Rail sudah menginvestasikan £1,1 juta untuk pengembangan perangkat lunak yang diperlukan pada pemasangan layar Bahasa Isyarat di Stasiun Euston. Ada pula layar sentuh telah dikembangkan dalam kemitraan perintis dengan perusahaan Bahasa Isyarat Inggris yang berbasis di Cambridgeshire, Clarion UK dan produsen layar yang berbasis di Nottingham, LB Foster.

Penerjemah Bahasa Isyarat Inggris, Clarion telah membuat perpustakaan pesan standar sebagai bagian dari perangkat lunak layar. Namun, di kereta api pertama, stafnya akan memberikan informasi yang ditandatangani kepada penumpang saat situasi berkembang atau selama periode gangguan yang tidak terduga.

Dalam satu jam, pesan dapat diubah menjadi Bahasa Isyarat Inggris dan diunggah langsung ke layar menggunakan teknologi 4G.

“Kami memahami bahwa perjalanan kereta api dapat menjadi hal yang menakutkan bagi siapa saja dengan kebutuhan khusus, dan kami selalu mencari cara untuk meningkatkan aksesibilitas sehingga semua orang dapat bepergian dengan percaya diri. Kami sangat senang untuk memasang layar ini dan beraksi, untuk melihat perbedaan nyata yang akan mereka buat untuk penumpang yang menggunakan Bahasa Isyarat Inggris. Stasiun Euston bangga menjadi yang terdepan, dan saya menantikan waktu dalam waktu yang tidak terlalu lama ketika layar seperti ini akan menjadi norma di kereta api dan tidak terkecuali,” ujar Loraine Martins, Director of Diversity and Inclusion Network Rail.

Sally Chalk, Chief Executive Officer Clarion UK, mengatakan, ini memberikan layanan untuk pengguna Bahasa Isyarat dengan cara yang inovatif, jelas, dan koheren adalah hal yang sangat penting bagi timnya dan mereka sangat bangga bisa menghidupkan bahasa di Euston.

“Menambahkan interpretasi Bahasa Isyarat Inggris ke dalam sistem merupakan langkah maju yang besar dalam membuat informasi operasional lebih mudah diakses. Ini adalah fungsi yang ingin kami luncurkan ke lebih banyak stasiun dan dalam lebih banyak kasus penggunaan. Sederhananya, semua pesan utama yang disampaikan dalam teks tertulis atau audio dapat masuk ke dalam cakupan sistem ini, yang akan membuat penggunaan jaringan kereta api lebih inklusif bagi lebih banyak orang,” kata Graham Kett, Manajer Operasi Teknis di LB Foster.

Baca juga: Mudahkan Tunanetra, Ransel ini Dibekali “Kecerdasan Buatan” untuk Bantu Navigasi

Harapannya adalah bahwa layar Bahasa Isyarat Inggris akan diluncurkan ke stasiun-stasiun Network Rail lainnya di seluruh negeri.