Saturday, April 13, 2024
HomeAnalisa AngkutanSudah ada Automatic Landing System, Ini Alasan Pilot Pilih Pendaratan Secara Manual

Sudah ada Automatic Landing System, Ini Alasan Pilot Pilih Pendaratan Secara Manual

Pesawat penumpang modern saat ini lazim dibekali dengan fitur Meskipun sudah ada Automatic Landing System (ALS) atau Autoland yang dapat melakukan pendaratan pesawat secara otomatis, pilot masih lebih memilih untuk melakukan pendaratan secara manual dalam beberapa situasi.

Baca juga: Instrument Landing System Memungkinkan Pesawat Mendarat Ketika Berkabut

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pilot lebih memilih mendaratkan pesawat secara manual:

Situasi Darurat
Dalam situasi darurat atau ketika terjadi masalah dengan sistem pesawat, pilot dapat lebih mudah mengambil alih kendali pesawat dan melakukan pendaratan manual yang aman.

Keterbatasan Teknologi
Meskipun ALS dapat melakukan pendaratan dengan presisi tinggi, namun masih ada keterbatasan teknologi yang membuat pilot lebih percaya diri saat melakukan pendaratan manual, terutama dalam kondisi cuaca buruk atau di bandara dengan landasan pendek.

Pengalaman dan Keterampilan
Pendaratan manual memungkinkan pilot untuk menjaga dan meningkatkan keterampilan penerbangan manual mereka. Hal ini penting terutama dalam situasi darurat atau ketika ALS tidak tersedia.

Kontrol Lebih Besar
Dengan melakukan pendaratan secara manual, pilot memiliki kontrol yang lebih besar atas pesawat dan dapat mengatasi situasi yang mungkin tidak terduga dengan lebih baik.

Keselamatan dan Keamanan
Meskipun ALS dapat melakukan pendaratan dengan presisi tinggi, namun pilot tetap dianggap sebagai faktor kunci dalam menjaga keselamatan penerbangan dan dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam situasi darurat.

Sejarah Pendaratan Otomatis (Autoland) Pesawat: Dipelopori Inggris Gegara Banyak Asap

Pilot cenderung menggunakan ALS untuk melakukan pendaratan saat kondisi cuaca buruk atau ketika visibilitas rendah karena ALS dapat memberikan pendaratan yang lebih presisi dalam kondisi tersebut. Namun, pilot juga sering melakukan pendaratan secara manual, terutama dalam kondisi cuaca baik dan saat mereka ingin menjaga keterampilan penerbangan manual mereka.

Secara umum, penggunaan ALS lebih dominan dalam penerbangan komersial modern, terutama di bandara yang dilengkapi dengan infrastruktur yang mendukung ALS. Namun, pilot tetap menjalani pelatihan dan mempertahankan keterampilan pendaratan manual untuk situasi darurat atau keadaan di mana ALS tidak tersedia atau tidak dapat digunakan. Jadi, keduanya merupakan bagian yang penting dalam operasi penerbangan, tergantung pada situasi dan kondisi penerbangan yang spesifik.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru