Taksi-Robo Multidirectional Bisa Angkut Empat Penumpang Tanpa Kursi Pengemudi

0
Taksi-Robo dalam masa uji coba di Foster City, California (clicklancashire.com)

Zoox Amazon baru saja memperkenalkan taksi listrik multidirectional yang juga otonom atau tanpa pengemudi. Zoox menamainya dengan Taksi-Robo yang mampu mengangkut penumpang sebanyak empat orang dan dirancang untuk digunakan di perkotaan.

Baca juga: Taksi Listrik dengan Tenaga Pedal, Bisa Angkut Dua Penumpang

KabarPenumpang.com melansir dari laman gadgets.ndtv.com (15/12/2020), Taksi-Robo ini tanpa adanya setir dan memiliki dua bangku yang berhadapan dan bisa digunakan oleh empat orang penumpang. Interior taksi ini cukup unik karena mengambil gaya gerbong tak seperti taksi otonom lainnya.

Panjang Taksi-Robo ini sekitar 3,6 meter dan lebih pendek dari mobil Mini Cooper standar. Taksi-Robo sendiri dikatakan Zoox Amazon merupakan salah satu kendaraan pertama yang memiliki kemampuan kemudi dua arah dengan empat roda sehingga memungkinkan manuver yang lebih baik.

Taksi-Robo mampu melaju dengan kecepan tertinggi hingga 75 mil per jam atau 120 km per jam. Kendaraan ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur bermanfaat seperti pengisi daya nirkabel untuk smartphone dan perangkat lain yang kompatibel. Selain itu meski tanpa pengemudi, penumpang juga wajib menggunakan sabuk pengaman yang disediakan.

Dari video yang ada, taksi otonom ini akan memperlambat atau menghentikan lajunya ketika ada orang yang akan menyeberang atau lewat didepannya. Taksi otonom tersebut juga menampilkan panel kontrol pribadi untuk mengatur musik dan kondisi udara di dalam mobil serta bisa memeriksa waktu kedatangan, lokasi dan rute.

Zoox Amazon mengatakan, dengan tidak adanya kursi untuk pengemudi, setiap penumpang jadi memiliki kenyamanan dengan ruang yang lebih besar dan akses teknologi yang sama. Saat ini Taksi-Robo tengah diuji di pangkalan perusahaan di Foster City, California, dan juga di Las Vegas serta San Francisco.

Zoox, yang berbasis di Foster City di Silicon Valley, didirikan pada 2014 dan diakuisisi oleh Amazon pada Juni. Ini beroperasi sebagai anak perusahaan independen di Amazon.

Baca juga: BYD dan Didi Luncurkan D1, Mobil Listrik Pertama yang Dirancang Khusus untuk Ride Hailing

Amazon juga telah bekerja sama dengan Blackberry untuk membuat IVY, platform komputasi awan yang dapat dihubungkan dengan mobil untuk layanan dan wawasan berdasarkan data dari kendaraan dan pengguna. IVY juga dapat digunakan oleh pembuat mobil mana pun untuk menganalisis data sensor secara real-time dan memberikan informasi yang berguna bagi pengemudi.

LEAVE A REPLY