Tangkal “Cabin Fever” Selama Pandemi, Ini Solusinya

0
Ilustrasi cabin fever (shutterstock)

Berdiam diri cukup lama di dalam rumah selama pandemi ternyata bisa menimbulkan berbagai macam hal, baik yang positif maupun negatif. Biasanya hal negatif ini disebut sebagai cabin fever atau demam kabin.

Baca juga: Hadapi Karantina Wilayah, Ini 8 Hal yang Bisa Anda Lakukan Bersama Anak di Rumah

Cabin fever ini bisa terlihat dari rasa kurang nyaman, kurangnya motivasi, mudah tersinggung, pola tidur tidak teratur atau berbagai hal lainnya. Nah, seseorang yang terkena cabin fever disebabkan mereka minim melakukan aktivitas

Dirangkum KabarPenumpang.com dari bradfordfamilydentist.ca, bahkan awal seseorang bisa terkena cabin fever ketika menganggap work from home atau bekerja dari rumah selama masa pendemi seperti liburan sehingga di bawa santai. Padahal jika dilakukan dengan jangka waktu yang lama seseorang akan bosan dan terkena cabin fever ini.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mencari hiburan dan aktivitas kebugaran. Perlu dicatat, tinggal di rumah bukan berarti tidak bisa keluar untuk berolahraga dan mencari udara segar. Anda bisa bersepeda atau berkeliling taman, sebab udara segar membantu merasa lebih baik setelah tinggal lama di rumah.

Jangan lupa jadwalkan rutinitas harian, sehingga meski bekerja di rumah bukan untuk bermalas-malasan. Anda bangun dan mandi pagi agar pikiran tetap terjaga. Anda juga bisa membersihkan rumah secara berkala. Biasanya ini adalah hal yang paling sulit dilakukan meski dihari libur karena sudah lelah bekerja. Sehingga saat WFH memberikan Anda banyak waktu membereskan rumah.

Dengan tetap aktif secara fisik maupun mental, Anda tidak akan terkena cabin fever karena masih tetap melakukan aktivitas yang menjaga kesehatan pikiran dan badan. Anda juga bisa tetap terhubung dengan orang terdekat, saling bertukar kabar dan cerita meski melalui media sosial.

Cara ini bisa membantu Anda dan orang lain meringankan beban di masa pandemi yang mana tidak bisa berhubungan secara langsung. Untuk menjauhkan Anda dari cabin fever, selain berbagai macam hal yang disebutkan, memberikan kesenangan pada diri pribadi pun bisa dilakukan.

Baca juga: Usai Pandemi, Rencanakan Berlibur di Flotel Yuk

Melakukan spa sendiri di rumah, mengadakan makan malam ala restoran bersama keluarga serta berdoa bersama juga bisa menjauhkan Anda dari cabin fever. Dengan berbagai solusi ini, rasanya cabin fever akan jauh dari dan Anda bisa tetap menikmati hari-hari yang menyenangkan.

Leave a Reply