Awak Aviasi Indonesia Menulis dan Punya Komunitas CCM “Cabin Crew Menulis”

0
Ratri Handayani, penggagas Komunitas Cabin Crew Menulis (beritasatu.com)

Setiap orang bisa menulis meski bukan lulusan ilmu komunikasi ataupun jurnalistik. Bahkan para pilot, awak kabin dan lainnya yang bekerja di dunia aviasi juga bisa menulis dengan baik. Ini terlihat dari adanya sebuah komunitas yang menampung hobi para pekerja penerbangan di dunia menulis.

Baca juga: Bagi-bagi Hadiah Model A350-900, Blogger ini Buka Kontes Menulis Tentang Singapore Airlines

Komunitas itu bernama Cabin Crew Menulis atau CCM yang mewadahi pekerja aviasi menulis berbagai cerita dan pengalaman seputar dunia aviasi untuk para awak kabin baik yang masih aktif, mantan awak kabin ataupun yang ingin menjadi bagian dari awak kabin. Bisa dikatakan CCM merupakan komunitas aviasi menulis pertama yang ada di Indonesia.

Kehadiran CCM ini awalnya dari Instagram @cabincrewmenulis hingga kini tertuang di situs resmi cabincrewmenulis.com. Para pegiat membagikan pengalaman mereka untuk pembaca dari cerita tentang emergency landing, life after flying stories, kisah percintaan awak kabin hingga tips dan trik.

Dikutip KabarPenumpang.com dari beritasatu.com, komunitas ini juga memberikan informasi rekrutmen awak kabin dari berbagai maskapai penerbangan. Memenuhi rasa penasaran masyarakat, komunitas CCM juga berbagi cerita menyeramkan yang dialami oleh para awak kabin.

Ternyata komunitas ini rutin berbagi pengalaman secara langsung bersama para awak kabin lain melalui Instagram setiap Selasa yang nantinya siaran langsung itu disimpan melalui IGTV. CCM berdiri sejak 31 Januari 2020 yang diprakarsai oleh Ratri Handayani yang juga seorang awak kabin dari maskapai internasional.

“Ide membuat komunitas ini berawal dari obrolan bersama rekan-rekan cabin crew setelah bertugas. Banyak sekali cerita menarik yang harus dibagi, bisa menjadi hiburan bahkan informasi bagi masyarakat,” ujar pemilik Instagram @ratrihdy ini.

Lahirnya komunitas CCM ini juga dilatarbelakangi oleh kegelisahan Ratri mengenai pandangan atau stigma negatif masyarakat pada awak kabin. Padahal, para awak kabin juga memiliki prestasinya masing-masing secara akademisi, olahraga, fotografi, model dan lainnya.

Baca juga: Troli Virtual, Awak Kabin Tak Lagi Langsung Bersentuhan dengan Penumpang

“Banyak yang tidak diketahui masyarakat mengenai dunia aviasi, dari cerita selama terbang sampai sisi lain dan prestasi para kru kabin. Saya yakin banyak yang penasaran juga, makannya komunitas ini akan membantu masyarakat mendapat informasi yang mereka butuhkan,” jelasnya.

Leave a Reply