Terbang Makin Aman, Airbus Luncurkan Desain Karantina Mandiri di Pesawat

0
Konsep desain karantina mandiri di pesawat inovasi Airbus. Foto: Airbus via CNN International

Selama pandemi Covid-19, sudah beberapa kali terjadi kasus dimana penumpang pesawat diketahui positif virus Corona saat dalam penerbangan. Cukup panjang bila diceritakan detail bagaimana itu bisa terjadi.

Baca juga: (2) 15 Inovasi Interior Cegah Penyebaran Covid-19 di Pesawat, Nomor 12 Dinilai Paling Aman

Selain itu, beberapa kasus juga diketahui sejumlah penumpang di seluruh dunia mengalami gejala mengidap Covid-19 saat dalam penerbangan. Ketika semua itu terjadi, rata-rata dari maskapai hanya melakukan tindakan preventif dengan mengkarantina penumpang tersebut di kursi paling belakang.

Tetapi memang, itu hanya namanya saja karantina mandiri. Faktanya, mereka masih menghirup dan menghembuskan udara di tempat yang sama tanpa sekat. Tentu hal ini membuat penumpang merasa khawatir dan kekhawatiran inilah yang coba dijawab Airbus dengan mendesain kursi khusus karantina di pesawat.

Dilansir CNN International, belum lama ini Airbus resmi meluncurkan konsep desain PaxCASE (Passenger Containment Area for Symptomatic Events). Prinsipnya sederhana, penumpang bergejala positif Covid-19 diarahkan duduk di kursi bagian belakang pesawat dan di sekat sampai tertutup layaknya ruangan khusus menggunakan plastik semi-transparan. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi droplet di kabin pesawat.

Wakil presiden pemasaran kabin Airbus, Ingo Wuggetzer, mengungkapkan PaxCASE sangat fleksibel alias mudah dibongkar pasang, dengan begitu tetap bisa memaksimalkan kapasitas kursi penumpang andai tak terjadi kasus demikian.

Tirai, sekat, atau ruang khusus karantina mandiri di pesawat inovasi Airbus ini didesain hanya memakai empat kursi belakang dari formasi tiga baris di sisi kanan dan kiri. “Ini adalah prinsip yang sangat sederhana dan mudah, diterapkan oleh kru jika terjadi kebutuhan darurat,” kata Wuggetzer.

Konsep PaxCASE ini diketahui berhasil masuk nominasi ajang Crystal Cabin Awards 2021 kategori Clean and Safe Air Travel. Selain itu, dari delapan kategori yang diperebutkan, konsep desain khusus karantina mandiri di pesawat tersebut juga masuk dalam nominasi Judges Choice.

Baca juga: Perkenalkan Glassafe dan ‘S’, Desain Kursi Pesawat Anti Corona Besutan Aviointeriors

Meski demikian, Wuggetzer mengungkapkan, maskapai penerbangan di dunia pada umumnya saat ini fokus pada pengalaman terbang nirsentuh, disinfeksi pesawat sebelum dan sesudah penerbangan, surat bebas Covid-19, mengosongkan kursi tengah, memakai masker, dan melarang berbicara selama dalam penerbangan.

Singkatnya, Airbus menyadari bahwa dalam waktu dekat konsep PaxCASE gagasannya belum akan diaplikasikan maskapai dalam waktu dekat. Terlebih, IATA juga sudah menguatkan langkah yang ditempuh maskapai dunia saat ini, dengan menyebut, “Risiko tertular Covid-19, saat mengenakan masker di pesawat, sangat rendah.”