Tergolong Pesawat Tua, Lima Maskapai ini Masih Operasikan Airbus A300, Ada Apa?

0
Airbus A300 milik Mahan Air. Sumber: simpleflying.com

Indonesia patut berbangga dengan pesawat Airbus A300. Ya, dalam proses perakitan pesawat wide-body pertama milik Airbus ini, tidak lepas dari peran salah seorang warga negara Indonesia yang kini dikenal sebagai Bapak Two-Men Cockpit, Wiweko Soepono. Selain terkenal sebagai pesawat wide-boy pertama di dunia, A300 juga menyandang predikat sebagai ‘pembuat jalan’ dari ETOPS.

Baca Juga: Ada Kisah Antara Wiweko Soepono dan Airbus A300B4 Garuda Indonesia

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang ETOPS, ini merupakan sertifikasi yang dirilis oleh Federal Aviation Administration (FAA) dimana sejatinya pesawat masih bisa  mengudara hanya dengan menggunakan satu mesin saja (semisal satu mesinnya lagi mati karena masalah teknis atau non-teknis).

Pesawat ini mulai mengudara untuk pertama kalinya pada 28 Oktober 1972, dan masih terus diproduksi setidaknya sampai tahun 2007 silam. Hingga saat ini, tercatat pesawat A300 sudah diproduksi lebih dari 560 unit dan digunakan oleh sejumlah maskapai. Kendati sudah tidak uzur, namun masih ada beberapa maskapai di luar sana yang mengoperasikan pesawat tua ini.

Pada masa kejayaannya dulu, pesawat ini termasuk sebagai pesawat mulfifungsi, dimana beberapa operator tidak hanya menggunakannya untuk mengangkut penumpang, melainkan juga untuk mengangkut kargo, kargo militer, hingga digunakan sebagai pesawat tanker.

Nah, seperti yang sudah dijanjikan di atas, berikut adalah maskapai yang masih setia menggunakan Airbus A300, seperti yang dirangkum KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (20/10).

Mahan Air
Karena hampir semua Airbus A300 yang masih beroperasi saat ini dioperasikan oleh maskapai penerbangan Iran, agak sulit untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang mereka. Meskipun demikian, Mahan Air tercatat sebagai maskapai dengan jumlah Airbus A300 terbesar yang masih beroperasi. Di rentang tahun 2009 hingga 2014, Mahan Air dikabarkan memboyong 11 unit A300 dari Lufthansa, Japan Airlines, dan Kyrgyz Airways.

Iran Air
Kendati Iran Air tercatat sebagai flag carrier dari Iran, namun jumlah pesawat A300 yang dimiliki oleh maskapai ini tidaklah sebanyak Mahan Air – Iran Air hanya memiliki 35 unit, sedangkan Mahan Air memiliki 46 unit. Kendati kalah dalam jumlah, Iran Air mengoperasikan delapan unit A300 sebagai pesawat kargo.

Baca Juga: Wiweko Soepono – Bapak ‘Two-Men Cockpit’ yang Sarat Pengalaman di Dunia Dirgantara

Selain dua maskapai di atas, ada juga Qeshm Air, Meraj Airlines, dan Pemerintah Irak yang masih mengoperasikan Airbus A330. Mungkin sebagian dari Anda bingung mengapa hanya maskapai Irak atau Iran saja yang masih mengoperasikan pesawat tua semacam A330. Hal ini lantaran sanksi yang dijatuhkan oleh pihak Amerika Serikat sehingga Iran dan Irak harus berpuas hati dengan hanya mengoperasikan pesawat A300 saja.

Leave a Reply