Terobos Area Terlarang, Pria Lansia Kemudikan Van ke Apron dan Runway Bandara Narita

0
ilustrasi van diperiksa di gerbang menuju ke apron pesawat (mainichi.jp)

Seorang pria yang mengendarai mobil van nyelonong masuk apron pesawat dan area terlarang lainnya di Bandara Internasional Narita. Dia berada di tempat-tempat tersebut selama 20 menit lamanya pada dini hari 1 Juni 2020 kemarin.

Baca juga: Saat Pesawat Lepas Landas, Mobil Van Melaju di Landasan Pacu dengan Tenang

Menurut Narita International Airport Corp (NAA), sekitar pukul 00.45 waktu setempat, pria 61 tahun tersebut berhasil menyelinap melalui keamanan di pintu masuk ke sekitaran area kargo dan apron pesawat. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman mainichi.jp (2/6/2020), pria itu lantas berkeliling sejauh 5,4 km melalui zona terbatas yang bisa menimbulkan risiko keselamatan pada keamanan pesawat.

Pria lansia itu saat mengitari apron pesawat tampak berada sekitar 200 meter dari taxiway dan 500 meter dari runway bandara. Dia juga berada dalam jarak sepuluh meter dari 21 pesawat yang terparkir di apron.

NAA mengatakan pelanggaran itu ebagai insiden yang mengkhawatirkan dan berjanji akan menyelidikinya. Sebenarnya jalan menuju ke gerbang selalu tertutup dan penjaga keamanan memeriksa pengemudi sebelum melintas untuk mengecek apakah mereka memiliki izin yang tepat.

Tak hanya itu, petugas keamanan juga melakukan pemeriksaan identifikasi setiap penumpang dan memeriksa kendaraan untuk mencari bahan peledak sebelum masuk ke apron. NAA mengatakan, pria tua itu menggunakan jalur taksi dan celah untuk kendaraan keluar melalui titik-titik keamanan.

Diketahui, pria itu menghentikan van-nya di pintu masuk ke area pengiriman dan ditangkap oleh petugas keamanan yang kemudian menyerahkannya ke kantor polisi Bandar Internasional Narita di Prefektur Chiba. Petugas menanyainya karena dicurigai pria tersebut melakukan pelanggaran.

“Saya tidak tahu saya tidak diizinkan masuk ke tempat-tempat itu. Saya hanya mengikuti kendaraan di depan saya dan masuk,” katanya seperti dikutip polisi.

Saat ini, jumlah penumpang di Bandara Narita anjlok karena pandemi virus corona. Bandara telah menutup landasan pacu “B” dan bagian lain dari fasilitas serta juga menyusutkan operasi keamanannya karena berkurangnya kebutuhan.

Baca juga: Melancong ke Tokyo, Pilih Turun Dimana? Bandara Haneda atau Narita?

Sebelumnya juga ada kendaraan yang melanggar batas bandara pada tahun 1996 silam. Sedangkan pada Oktober 2019 lalu, seorang penumpang masuk ke apron parkir pesawat dan berlari sejauh 350 meter sebelum diamankan.

Leave a Reply