Tingkatkan Pelayanan, AirAsia Gaet Inmarsat Untuk Pengadaan On Board Broadband

Demi meningkatkan pelayanan kepada para penumpangnya, AirAsia menandatangani kontrak dengan perusahaan penyedia layanan komunikasi satelit mobile terkemuka di dunia, Inmarsat perihal pengadaan layanan broadband. Adapun kontrak ini ditujukan untuk memasok solusi di lebih dari 120 pesawat Airbus milik AirAsia, termasuk tipe A320 dan A330 yang dioperasikan oleh seluruh grup AirAsia, termasuk AirAsia X.

Baca Juga: Delta Airlines Tawarkan Akses Chatting Gratis via WiFi di Smartphone

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai sumber, penandatanganan hubungan kerja sama ini dilakukan oleh anak perusahaan AirAsia, ROKKI pada Rabu, 27 September 2017 kemarin. Layanan ini juga nantinya akan turut menyertai perjalanan dari Airbus A350 yang direncanakan akan menjadi armada teranyar AirAsia dalam beberapa tahun mendatang. Instalasi pertama GX Aviation di seluruh armada AirAsia Group ini rencananya akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2018 mendatang, berbarengan dengan peluncuran layanan komersialnya. GX Aviation sendiri merupakan solusi konektivitas in-flight pertama di dunia dengan jangkauan global berkecepatan tinggi.

“AirAsia Group merupakan salah satu inovator di industri penerbangan terkemuka dan kami senang bahwa GX Aviation akan memainkan peran kunci dalam penawaran layanan masa depan mereka,” ungkap Aviation President Inmarsat, Philip Balaam. “Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini merupakan bukti kepercayaan AirAsia terhadap GX Aviation dan membangun rekam jejaknya sebagai pelanggan utama layanan SwiftBroadband kami,” imbuhnya.

Inmarsat berkeyakinan bahwa kerja sama yang mereka jalin dengan pihak AirAsia merupakan salah satu gerbang untuk melebarkan sayap bisnisnya. “Setelah kesepakatan ini, diperkirakan lebih dari 1.300 pesawat akan ada di dalam kontrak lainnya, sebagai solusi GX Aviation dan European Aviation Network (EAN) generasi selanjutnya,” terang Philip percaya diri. Diketahui, ini merupakan salah satu order terbesar yang pernah ditangani oleh Inmarsat.

Baca Juga: Iklan Menjurus Seksis, AirAsia Menuai Kecaman dari Netizen

CEO AirAsia Group, Tony Fernandes mengatakan bahwa GX Aviation akan menjadi tulang punggung penawaran kabin digital AirAsia. “Kami akan menyediakan konektivitas tanpa batas selama penerbangan, baik untuk streaming video, membuka media sosial, chatting, hingga mengakses email,” kata Tony. “Ditambah dengan platform hiburan dan e-commerce ROKKI yang menampilkan film, musik, artikel dan permainan gratis,” tambanhnya. Dengan begitu, para penumpang AirAsia dapat segera menikmati perjalanan udara bertemakan digital terkaya di Asia. Ini merupakan salah satu inisiasi untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpangnya.