Tips Ini Mudahkan Anda Ajarkan Anak Mengendarai Sepeda di Jalan Raya

0
Tips aman anak saat bersepeda (highwaymail.co.za)

Anak mulai belajar naik sepeda? Jangan lupa ajari mereka mengendarai sepeda. Hal ini sangat penting karena kecelakaan bisa dan sering kali terjadi pada anak yang baru belajar. Untuk memudahkan mengajari Anda mengendarai sepeda ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Baca juga: Polestar Hadirkan Kereta Luncur Kargo Listrik yang Bisa Melintasi Jalur Sepeda

KabarPenumpang.com melansir dari laman highwaymail.co.za (16/4/2021), Anda bisa memakaikan helm kepada anak karena bisa membantu mencegah dari cedera kepala yang parah. Pastikan helm terpasangan dengan benar dan berikan ukuran yang sesuai agar tidak kebesaran atau kekecilan.

Gunakan pakaian yang cerah dan letakkan reflektor di sepeda. Ini akan membuat mudah orang lain melihat Anda dan kemungkinan kecil bertemu dengan mereka. Bila ingin lebih aman, baiknya bersepedalah pada siang hari.

Disarankan untuk tidak bersepeda saat senja atau malam hari. Selalu ikut aturan untuk bersepeda menjadi salah satu yang utama. Sebab memperhatikan arah baik kiri atau kanan, memeriksa lalu lintas kedua arah menjadi suatu perilaku yang penting terutama saat meninggalkan jalan masuk atau trotoar.

Sebagai seorang pengendara sepeda dan anak bersama Anda dengan sepedanya sendiri, menyebranglah di persimpangan. Ketika anak mulai bisa mengendarai sepeda mereka, Anda sebagai orang tua harus tetap menjaga agar mereka aman.

Ketika sepeda Anda melintasi persimpangan yang sibuk, maka gunakan penyeberangan dan mengikuti sinyal lalu lintas. Tak lupa untuk berkendara di sisi kiri jalan, sehingga Anda berjalan ke arah yang sama dengan mobil. Jangan pernah bersepeda melawan lalu lintas.

Bahkan Anda juga harus berhati-hati dengan mobil yang diparkir dan jalanan yang sibuk. Sehingga bisa dikatakan jangan berkendara terlalu dekat dengan mobil yang diparkir karena pintu bisa tiba-tiba terbuka. Yang paling jelas adalah jangan biarkan anak kecil bersepeda di jalan utama atau jalan padat lalu lintas.

Ajarkan anak untuk berhenti di semua rambu berhenti dan patuhi lampu lalu lintas. Ajarkan juga kepada mereka tentang hal yang harus dilakukan, apalagi ketika Anda memberikan isyarat atau instruksi ketika mengendarai sepeda di jalanan umum.

Baca juga: Gangchon Rail Park – Sensasi Berkeliling dengan Sepeda Rel dan Virtual Reality

Merencanakan petualangan bersepeda Anda dan memastikan keputusan keselamatan adalah yang terpenting. Dengan bersepeda adalah cara yang bagus untuk tidak hanya tetap bugar dan sehat tetapi juga untuk menjalin ikatan sebagai sebuah keluarga, jadi nikmati setiap menit bersama.

Leave a Reply