TSA Larang Botol Minum Mirip Granat Masuk ke Dalam Penerbangan

0
Sumber: Getty Images

Sudah jamaknya jika banyak perusahaan (baik itu produsen makanan, minuman, atau lain-lain) di luar sana akan mengeluarkan produk limited edition guna meramaikan suatu film atau event yang sedang happening. Mungkin beberapa dari Anda tahu tentang theme park Star Wars: Galaxy’s Edge yang dibuka di California dan Florida – dimana produsen minuman kenamaan Coca Cola merilis botol khusus yang bertemakan Star Wars, sebuah botol yang menyerupai sebuah granat manggis.

Baca Juga: Inilah Alasan Perlunya Dua Kali Skrining Keamanan di Bandara

Nah tentu saja kehadiran botol semacam ini tidak hanya unik untuk dikoleksi, namun bisa saja menjadi bumerang bagi Anda yang membelinya. Ya, sebagaimana yang kita ketahui bersama, pengamanan di bandara sangatlah ketat, bahkan untuk botol minum yang menyerupai sebuah bom saja, bisa-bisa Anda diinterogasi dalam waktu yang lama.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Transportation Security Agency (TSA) yang menyebutkan bahwa semua penumpang pesawat dilarang membawa botol Coca Cola limited edition ini ke dalam penerbangan mana pun.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman gizmodo.com (28/8), seorang perwakilan dari TSA melarang penumpang untuk membawa Coca Cola, Diet Coke, dan Sprite yang berbentuk seperti detonator yang mereka beli di theme park Star Wars: Galaxy’s Edge – baik itu di dalam bagasi maupun bagasi kabin.

“Sementara untuk mainan seperti droid atau lightsaber masih diperbolehkan,” sambung TSA dalam sebuah pernyataan.

Sebagai informasi tambahan, detonator semacam ini memang sangat terkenal di film Star Wars. Ini merupakan senjata yang biasa dipakai oleh pasukan antagonis untuk melawan para Jedi – sebutan untuk tokoh protagonis di film ini.

Jadi, bagi Anda yang berniat untuk membawa botol berbentuk unik ini sebagai buah tangan, ada baiknya untuk segera mengurungkan niat karena Anda tidak akan bisa menembus penjagaan keamanan di bandara.

Baca Juga: Bisa Dibuka Langsung Oleh Petugas Keamanan Bandara, Inilah Gembok Koper TSA

Nah, hal yang sama juga ada baiknya Anda terapkan di Indonesia, dimana Anda disarankan untuk tidak membawa benda atau souvenir dengan bentuk yang mencurigakan. Seperti yang Anda sudah tahu sebelumnya, di beberapa pusat perbelanjaan Anda dapat menemukan korek api yang memiliki bentuk seperti granat – atau bahkan yang belakangan ini sedang trending adalah mug yang berbentuk seperti granat nanas.

Daripada Anda harus gigit jari, lebih baik tidak membawa benda-benda mencurigakan seperti di atas, bukan?

Leave a Reply