Van Don, Bandara Pertama Vietnam yang Dikelola Swasta

(Airport Technology)

Vietnam sebagai salah satu negara anggota ASEAN, baru-baru ini telah meresmikan Bandara Internasional Van Don. Bandara ini merupakan milik swasta pertama di Vietnam yang beroperasi untuk memperoleh pendanaan demi mengembangkan proyek infrastruktur nasional lebih lanjut.

Baca juga: Beberapa Faktor Fundamental Pacu Pertumbuhan Sektor Aviasi Vietnam

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (2/1/2019), Bandara Internasional Van Don berada di provinsi pesisir timur laut Quang Ninh. Dengan luas 290 hektar, bandara tersebut mampu menampung pesawat besar seperti Boeing 777 dan Airbus A350.

Menjadi milik swasta pertama, Bandara Van Don sepenuhnya milik Sun Group yang dibangun dengan kerja sama Konsultan Bandara Belanda. Manajer Proyek dan Arsitek NACO, Romy Berntsen mengatakan, ini adalah bandara paling modern di Vietnam. Nantinya kehadiran bandara baru tersebut akan memiliki pengaruh positif pada pengalaman para penumpang.

Dikatakan paling modern di Vietnam, sebab bandara ini dilengkapi dengan teknologi terbaru di terminal utama dan landasan pacunya. Bahkan kehadirannya diperkirakan mampu menampung 2,5 juta penumpang pertahun selama dua tahun kedepan dan lima juta penumpang per tahun di tahun 2030 mendatang. Adanya Bandara Van Don, perusahaan berharap bisa memulihkan investasi selama 45 tahun kedepannya.

Bandara ini sendiri dibangun dengan investasi US$310 juta atau setara dengan Rp4,42 triliun. Sebelum Sun Group masuk tahun 2016, investor bandara ini juga merupakan investor bandara Korea yang menarik diri dari proyek pada 2015 lalu. Penarikan dirinya saat mereka mengetahui Bandara Van Don akan beroperasi dengan fokus utama penerbangan domestik.

Namun, setelah Sun Group menjadi investor, usulan Bandara Van Don menjadi bandara internasional diputuskan untuk direalisasikan dan juga mendukung rencana pemerintah untuk mengoperasikan 13 bandara internasional dan 15 bandara domestik di tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Go International, Go-Jek Rambah Vietnam Melalui Aplikasi Go-Viet!

Saat ini di Vietnam sendiri memiliki 21 bandara. Vietnam juga berencana untuk melakukan investasi sebesar US$3 miliar atau Rp42,8 triliun untuk membangun enam bandara baru selama lima tahun kedepan. Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk memodernisasi fasilitas yang ada.