Wali Kota Surabaya: Penumpang yang Turun di Bandara Juanda Harus Mandi dan Ganti Baju

0
(Media Indonesia)

Berniat mengunjungi Surabaya dalam waktu dekat dan di masa pandemi virus corona atau Covid-19? Bila Anda berniat mengunjungi kota berlambang Hiu dan Buaya ini menggunakan pesawat dan tiba di Bandara Internasional Juanda nantinya diharuskan mandi dan mengganti baju sebelum meninggalkan bandara.

Baca juga: Emirates Jadi Maskapai Pertama Lakukan Rapid Tes Corona ke Seluruh Penumpang

Hal ini tertulis dalam surat yang dikeluarkan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada 7 April 2020 kemarin. Dalam surat tersebut yang ditujukan kepada Kepala Kantor Otoritas Bandara dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I), Risma menuliskan bahwa dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya, meminta bantuan untuk mengarahkan penumpang yang turun dari pesawat agar membersihkan diri.

Dalam surat tersebut, dia menuliskan bahwa penumpang harus membersihkan diri dengan mandi dan berganti baju sebelum keluar dari area Bandara Internasional Juanda. Menanggapi hal ini, pihak AP I yang dihubungi KabarPenumpang.com mengatakan manajemen Bandara Internasional Juanda masih melakukan koordinasi dengan Wali Kota Surabaya dan Otoritas Bandara Wilayah III.

“Kita lakukan koordinasi dengan Wali Kota Surabaya dan Otoritas Bandara Wilayah III mengenai implementasi permintaan bantuan dari Wali Kota Surabaya kepada pihak pengelola dan otoritas bandara untuk mengarahkan penumpang yang baru mendarat agar mandi dan mengganti baju sebelum keluar area bandara,” ujar Corporate Communication Senior Manager AP I Awaluddin.

Dia menambahkan karena permintaan tersebut cukup berpengaruh terhadap operasional bandara, maka perlu didiskusikan lebih lanjut atau alternatif kegiatan. Awaluddin menyebutkan, pihaknya akan menyampaikan lebih rinci nantinya mengenai implementasi permintaan tersebut.

Dengan adanya surat ini, bagaimana dengan warga tanggapan warga apakah ada yang keberatan atau setuju dengan adanya ini? KabarPenumpang.com mencoba menanyakan kepada warga Surabaya terkait surat tersebut jika kebijakan itu jadi diterapkan di Bandara Internasional Juanda.

“Kasihan untuk yang tidak bawa ganti baju seperti saya,” ujar seorang warga Surabaya yang enggan disebutkan namanya.

Baca juga: Pasca Pandemi Corona, Haruskah Seluruh Bandara Tetap Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh?

Sedangkan warga yang lain mengatakan tak masalah bila kebijakan tersebut dilakukan.

“Kalau bisa sebelum ke kota atau kemana pun tujuannya naik pesawat, baiknya cek dan ricek dulu aturan di sana selama Covid-19 ini. Kalau harus mandi dan ganti baju di bandara ya dilakuin. Jadi baiknya cari informasi sebelum ke kota tujuan,” kata Wulansyabelle.

Leave a Reply