Waspada! Kerumunan Kecoa “Kuasai” Jaringan Bus di Guangzhou

Sumber: thatsmags.com

Merasa jijik dengan kecoa? Berarti Anda tidak disarankan untuk menaiki bus di Guangzhou, karena bus-bus yang hilir mudik di kota yang terletak 120 km di sebelah timur Hong Kong ini “memelihara” banyak kecoa. Ini terbukti oleh salah seorang penumpang bus yang melihat bukan hanya satu, melainkan lusinan kecoa sedang menikmati serpihan makanan yang tercecer di lantai bus No. 75 di Distrik Haizu.

Baca Juga: Ada Patung Gadis Hiasi Bus di Seoul, Ada Apa Ya?

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thatsmags.com (1/8/2017), penumpang yang bermarga Deng tersebut sontak merasa jijik ketika melihat kerumunan kecoa di dalam bus dan langsung turun walaupun itu bukanlah pemberhentian yang ia tuju. Ternyata, tidak hanya Deng, banyak warga Guangzhou lainnya yang juga melihat serangga yang identik dengan tempat kumuh tersebut. Kejadian yang terjadi pada akhir bulan Juli lalu ini dengan sangat cepat menyebar luas dan menjadi viral.

Tidak hanya di bus No. 75 di Distrik Haizu, kecoa-kecoa ini juga kerap kali terliihat di BRT (Buss Rapid Transit) B2, B2A, B5, B21, dan Bus No. 10 yang menghubungkan Yuexiu dan Haizhu. Lantas, atas dasar itulah banyak keluhan dilayangkan kepada pihak penyedia layanan jasa akibat joroknya tempat tersebut. Keluhan yang juga sampai ke Departemen Urusan Sipil ini akhirnya ditindak lanjuti agar citra jorok bisa terlepas dari bus.

Baca Juga: Inilah 10 Stasiun Bawah Tanah Terpadat di Dunia

Sebenarnya, kehadiran kecoa bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah menjaga ruangan agar tetap bersih. Kecoa disinyalir suka dengan tempat yang gelap dan lembab, karena mereka bisa menyamarkan keberadaannya. Selain itu, pastikan juga kondisi garasi tempat menyimpan bus selalu dalam keadaan bersih. Tumpahan benda-benda berminyak seperti oli, tetesan minyak dari makanan yang dibawa oleh penumpang ternyata bisa juga menjadi cara ampuh untuk mengundang kecoa.

Teruntuk bus yang memiliki kamar mandi, pastikan pihak penyedia layanan jasa ini melakukan pengecekan secara rutin, terutama terhadap floor drain, karena bau yang ditimbulkan dari kamar mandi akan mengundang kecoa untuk datang melalui floor drain dan “bermukim” di dalam bus. Jadi, perlu ada aksi ekstra untuk menangkal si kecoa ini agar tidak berkeliaran lagi di dalam bus.